nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Selam Tenaga Nuklir Rusia Luncurkan Rudal Antarbenua

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 19:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 30 18 2123800 kapal-selam-tenaga-nuklir-rusia-luncurkan-rudal-antarbenua-v7orFW6AAO.jpg Kapal selam Rusia Knyaz Vladimir luncurkan rudal antarbenua. (Foto/Moscow Times)

MOSCOW - Kapal selam baru bertenaga nuklir milik Rusia meluncurkan rudal balistik antarbenua Bulava untuk pertama kalinya dan mengenai target ribuan kilometer jauhnya, kata Kementerian Pertahanan negara itu.

Peluncuran terjadi saat ketegangan kendali senjata antara Moskow dan Barat menyusul runtuhnya pakta nuklir era Perang Dingin yang telah memicu kekhawatiran perlombaan senjata.

Melansir Reuters, Rabu (30/10/2019) peluncuran itu dilakukan di Laut Putih di sebelah utara Rusia di wilayah Timur Jauh Rusia Kamchatka, kata kementerian itu.

Foto/Wikipedia Commons

K-549 Knyaz Vladimir adalah kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir kelas Borei, dan unit Borei-A pertama yang ditingkatkan untuk memasuki layanan dengan Angkatan Laut Rusia.

Perjanjian kendali senjata global didirikan selama Perang Dingin untuk menjaga persaingan senjata antara AS dan Rusia tidak keluar jalur.

Namun Amerika Serikat pada Agustus menarik diri dari perjanjian yang melarang penyebaran rudal jarak pendek dan menengah, menuduh Moskow mencemoohnya, sesuatu yang dibantah Rusia.

Perjanjian kontrol senjata nuklir besar terakhir antara Rusia dan Amerika Serikat, perjanjian START Baru, akan berakhir pada tahun 2021. Perjanjian ini membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dapat digunakan oleh dua kekuatan nuklir terbesar dunia.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini