Mesir Pamerkan Mumi Kucing, Ular Kobra hingga Buaya

Agregasi BBC Indonesia, · Selasa 26 November 2019 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 26 18 2134589 mesir-pamerkan-mumi-kucing-ular-kobra-hingga-buaya-VnaiWJV2BZ.jpg Sejumlah mumi kucing yang dipamerkan pemerintah Mesir. (Foto/Reuters)

KAIRO - Kumpulan mumi-mumi hewan yang ditemukan di sebuah lahan permakaman kuno di Mesir, telah dipamerkan untuk pertama kalinya di dekat Kairo.

Para arkeolog menemukan koleksi tersebut pada 2018 di dekat Piramida Saqqara, sebelah selatan dari Kairo.

Foto/Reuters

Mereka menggali ratusan artefak termasuk topeng, patung, serta mumi berbagai hewan, dari kucing, burung, ular kobra, hingga buaya.

Foto/Reuters

Otoritas Mesir mengungkap artefak-artefak tersebut kepada publik dalam sebuah pameran di dekat nekropolis Saqqara pada pada Sabtu 16 November 2019.

Baca juga: Mesir Temukan Gudang Penyimpanan Peti Mati Mumi

Baca juga: AS Kembalikan Peti Mati Curian Berusia 2 Ribu Tahun ke Mesir

Kementerian Purbakala Mesir mengaku sedang melakukan uji coba untuk memverifikasi apakah dua mumi yang ditemukan adalah jasad anak singa.

Foto/Reuters

Tidak seperti mumi kucing, yang sering ditemukan oleh para arkeolog, penemuan singa utuh dianggap sebagai hal yang langka.

Dalam jumpa pers, seorang pejabat Mesir menyebut sebuah patung kumbang scarab raksasa sebagai salah satu penemuan paling penting.

"Temuan paling elok dari ratusan [artefak] itu: patung scarab," kata Mustafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Agung Purbakala Mesir melansir BBC, Selasa (26/11/2019).

"Ini scarab terbesar di seluruh dunia."

Foto/Reuters

Saqqara adalah lahan kuburan kuno Memphis, ibu kota Mesir kuno, selama lebih dari dua milenia.

Terletak sekitar 30 kilometer sebelah selatan Kairo, Saqqara adalah lahan kuburan aktif selama lebih dari 3.000 tahun dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya Unesco.

Dalam beberapa tahun terakhir, Mesir menggencarkan promosi temuan arkeologinya dalam upaya membangkitkan industri wisatanya yang sedang lesu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini