nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toilet di Stasiun Luar Angkasa Internasional Tak Berfungsi, Astronot Terpaksa Pakai "Popok"

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 29 18 2135926 toilet-di-stasiun-luar-angkasa-internasional-tak-berfungsi-astronot-terpaksa-pakai-popok-2vROhRPZDy.jpg Stasiun Luar Angkasa Internasional. (Foto: Reuters)

MOSKOW - Tidak ada toilet di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang berfungsi, dan para astronot harus menggunakan "popok" untuk kegiatan sehari-hari mereka, hal itu tersirat dalam terjemahan dokumen NASA yang dirilis pada Rabu.

Dilaporkan Sputnik, ada dua toilet di dalam ISS, keduanya merupakan buatan Rusia, satu toilet terletak di modul luar angkasa Amerika Serikat (AS) dan satu lagi di modul Rusia. Selain kedua toilet itu, ada toilet di pesawat ulang alik Soyuz berlabuh di ISS, tetapi toilet-toilet itu digunakan di saat pesawat tersebut dalam penerbangan dan jarang ketika merapat.

Menurut komandan ISS Luca Parmitano, toilet di bagian AS terus-menerus memberi sinyal bahwa benda itu tidak berfungsi, sementara yang ada di modul Rusia terisi maksimum. Beberapa saat kemudian, seorang insinyur dari Pusat Luar Angkasa Houston mengatakan kepada komandan Luca bahwa toilet yang ada di modul AS sudah beroperasi kembali.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini