nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prajurit Irak Tembak Pedemo di Nasiriya, 25 Orang Tewas

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 29 18 2136028 prajurit-irak-tembak-pedemo-di-nasiriya-25-orang-tewas-GyEEi7cMJN.jpg Salah seorang pedemo Irak. (Foto/Reuters)

NASIRIYA - Hampir 40 orang tewas di Irak protes anti-pemerintah dimulai pada bulan lalu, kata petugas medis dan pejabat.

Setidaknya 25 orang tewas ketika pasukan keamanan melepaskan tembakan ke jembatan di kota Nasiriya.

Empat pengunjuk rasa lainnya tewas di Baghdad dan 10 lainnya di kota Najaf, tempat konsulat Iran juga dibakar.

Rakyat Irak turun ke jalan untuk menuntut lebih banyak pekerjaan, mengakhiri korupsi dan layanan publik yang lebih baik.

Militer Irak telah mengumumkan akan membentuk "sel krisis" militer untuk memadamkan kerusuhan. Komando militer mengatakan sebuah unit darurat telah dibentuk untuk memulihkan ketertiban.

Baca juga: Demonstran Irak Bakar Konsulat Iran di Najaf

Baca juga: Pasukan Irak Lindas Demonstran di Karbala, Sedikitnya 18 Orang Tewas

Setidaknya 350 orang telah tewas dan ribuan lainnya terluka sejak kerusuhan dimulai.

Apa yang terjadi di Nasiriya dan Baghdad?

Militer telah mengirim bala bantuan untuk mengatasi kerusuhan di Nasiriya, tempat kelahiran Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi.

Pasukan menggunakan gas air mata untuk memukul mundur para pedemo yang berkumpul di jembatan. Sedangkan para para pengunjuk rasa merespons dengan membakar kantor polisi.

Direktur penelitian Timur Tengah Amnesty International, Lynn Maalouf, mengatakan situasi di kota ini lebih mirip zona perang. Dia menuduh pasukan keamanan melakukan kekerasan yang mengerikan kepada para demonstran yang sebagian menjalankan demo dengan damai.

Laporan AFP, yang mengutip media pemerintah Irak, mengatakan Abdul Mahdi sekarang telah memecat Jenderal Jamil Shummary, salah satu komandan yang dikirim untuk memulihkan ketertiban di Nasiriya.

Menjelang sore, media Irak melaporkan bahwa gubernur Dhi Qar, Ibu Kota Nasiriya, telah mengundurkan diri.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini