nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puting Beliung Terjang Pulau Rote, Seorang Anak Terluka

Achmad Fardiansyah , Okezone · Rabu 04 Desember 2019 21:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 04 340 2138081 puting-beliung-terjang-pulau-rote-seorang-anak-terluka-mw6VYkEjrZ.jpg Puting beliung menerjang Pulau Rote (Foto: Ist)

JAKARTA - Puting beliung menerjang Dusun Nggelak, Desa Meoain, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Seorang anak perempuan berusia 10 tahun menjadi korban luka.

"Luka 1 orang anak perempuan, usia 10 tahunan. Viona Adu dan sudah dalam penanganan medis setempat," ujar Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui keterangan tertulis, Rabu (4/12/2019).

Baca Juga: Puting Beliung Terjang 3 Dusun di Magelang, BNPB: Puluhan Rumah Rusak 

Puting beliung di Pulau Rote Foto BNPB

Agus mengatakan, puting beliung menerjang sekira pukul 15.00 WIT. Selain korban luka, ada kerugian materi meliputi, tiga Lembar seng rumah warga terbawa angin; dua lembar seng pospol terbawa angin, dan atap Rumah Kuburan atas nama Dominggus Dami terbawa angin dan rusak berat.

"Kerugian diperkiran kurang lebih 1,5 juta rupiah," ujarnya.

Informasi Daryatno, Kepala Stasiun Maritim BMKG di Bitung menjelaskan bahwa itu adalah fenomena puting beliung di laut atau istilahnya water spot, terjadi karena adanya perbedaan suhu udara di lautan dengan daratan.

Pada saat sore itu suhunya (di laut) lebih rendah dibanding masa udara lainnya. Jadi ada penumpukan masa udara di daerah tersebut. Adapun skala waktunya nggak lama cuma sekitar 2 menit. Biasanya terjadi pada sore hari dan saat musim pancaroba.

Baca Juga: Angin Puting Beliung Hancurkan 29 Rumah dan Tewaskan 1 Warga Bangkalan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini