43 Rumah di Kendal Rusak Diterjang Puting Beliung, Ratusan Ayam Mati

Minggu 08 Desember 2019 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 08 512 2139378 43-rumah-di-kendal-rusak-diterjang-puting-beliung-ratusan-ayam-mati-AJZekDujK7.jpg Warga sedang membersihkan permukimannya setelah rusak diterjang puting beliung di Kendal, Jawa Tengah (Foto: iNews)

KENDAL - Sedikitnya 43 rumah warga dua desa di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, rusak akibat puting beliung yang terjadi Sabtu 7 Desember 2019 petang. Selain merusak rumah, angin kencang juga merusak dua kandang ternak dan menyebabkan ratusan ekor ayam mati.

Pantauan iNews, warga terdampak bencana puting beliung memperbaiki rumah dan membersihkan puing-puing pada Minggu (8/12/2019). Satu di antaranya dilakukan Rusmin, warga Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan Boja.

Dia membersihkan puing-puing kandang ayam yang hancur hingga rata dengan tanah. Dari ribuan ekor ayam yang masih berusia 14 hari, tak banyak yang bisa diselamatkan.

Baca Juga: Temani Sapi saat Puting Beliung, Nenek Patah Tulang Tertimpa Runtuhan Rumah

Pengakuannya, saat hujan lebat mengguyur, tiba-tiba gumpalan angin berputar-putar menerjang kandang hingga porak poranda dan ambruk.

"Sebanyak 40% ekor ayam tidak bisa diselamatkan akibat tertimpa puing bangunan kandang ayam," katanya seperti dikutip dari iNews.id.

Foto: Ilustrasi puting beliung (ist)

Angin ini juga menyasar rumah-rumah warga. Umumnya, genting rumah beterbangan dan sebagian lain rusak tertimpa pohon tumbang.

Seorang warga Desa Mateseh, Khumaedi mengatakan, rumah jadi salah satu yang rusak dalam kejadian tersebut. Hanya dalam waktu lima menit, angin berputar-putar menerjang pemukiman, menerbangkan atap rumah warga dan menumbangkan puluhan pohon.

“Pohon yang bertumbang banyak menimpa rumah warga," katanya.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, dua desa yang diterjang angin puting beliung yakni Meteseh dan Trisobo. Di Desa Meteseh, ada dua dusun terdampak angin kencang yakni Dusun Segrumung dan Sasak.

Baca Juga: Puting Beliung Terjang Pulau Rote, Seorang Anak Terluka

Jumlah rumah yang rusak di Desa Metesah sebanyak 23 rumah. Sementara di Desa Trisobo puting beliung menerjang dua dusun yani Dusun Rejosari dan Krajan, serta mengakibatkan 15 rumah rusak.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini