nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Orang Tewas Akibat Letusan Gunung Berapi Selandia Baru, Korban Mungkin Bertambah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 15:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 09 18 2139753 satu-orang-tewas-akibat-letusan-gunung-berapi-selandia-baru-korban-mungkin-bertambah-zuqZHCWl9c.jpg Foto: Reuters.

WELLINGTON – Letusan gunung berapi di Selandia Baru telah menewaskan sedikitnya satu orang, dengan polisi mengatakan beberapa orang lainnya masih belum diketahui keadaannya. Laporan itu muncul setelah sekelompok turis terlihat berjalan di lingkar kawah White Island beberapa saat sebelum gunung berapi tersebut meletus.

Polisi mengatakan 23 orang telah berhasil diselamatkan dari letusan White Island, tetapi memperingatkan bahwa jumlah korban tewas "kemungkinan" akan meningkat. Daerah itu saat ini dinilai terlalu berbahaya untuk dilangsungkannya operasi penyelamatan.

White Island, juga dikenal sebagai Whakaari, adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Selandia Baru. Meskipun demikian, pulau milik pribadi itu adalah tujuan wisata dengan tur yang berjalan setiap hari dan layanan penerbangan untuk melihat pemandangan yang disediakan.

Diwartakan BBC, Senin (9/12/2019), letusan di White Island dimulai sekira pukul 14:11 waktu setempat.

Foto dari kawah White Island sesaat sebelum letusan, terlihat beberapa orang berada di dekat kawah gunung berapi. (GNS.NZ)

Pengunjung Michael Schade - yang berada di atas kapal yang meninggalkan pulau setelah tur pagi - memfilmkan gumpalan abu dan asap tebal saat gunung berapi itu meletus.

BACA JUGA: Gunung Berapi di Selandia Baru Meletus, Sekira 100 Orang Tak Diketahui Keadaannya

"(Saat) itu masih aman, tetapi mereka berusaha membatasi ukuran kelompok (orang yang mengunjungi gunung berapi)," kata Schade kepada BBC.

"Kami baru saja naik kapal... lalu seseorang menunjukkannya dan kami melihatnya. Saya pada dasarnya hanya terkejut, lanjutnya menjelaskan saat-saat letusan terjadi.

"Perahu berbalik dan kami menjemput beberapa orang yang menunggu di dermaga."

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan ada "sejumlah" turis di atau sekitar pulau itu, baik dari Selandia Baru dan luar negeri.

"Saya tahu akan ada sejumlah besar kekhawatiran dan kecemasan bagi mereka yang memiliki orang-orang yang dicintai di pulau itu pada waktu itu - dan saya dapat meyakinkan mereka bahwa polisi melakukan semua yang mereka bisa," katanya.

Dia mengatakan polisi telah melancarkan operasi pencarian dan penyelamatan tetapi abu yang jatuh menghambat upaya untuk sampai ke lokasi.

Wakil Komisaris Polisi John Tims mengatakan "pada tahap ini, terlalu berbahaya bagi polisi dan layanan penyelamatan untuk pergi ke pulau itu." Dia menambahkan bahwa White Island "tertutup abu dan material vulkanik".

"Kami terus menilai kondisi yang memungkinkan kami untuk pergi ke pulau itu... kami menerima saran ahli sehubungan dengan keamanan dari setiap upaya penyelamatan."

Polisi awalnya mengatakan ada 100 orang di atau dekat pulau itu, namun kemudian jumlahnya direvisi menjadi 50 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini