nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Berapi di Selandia Baru Meletus, Sekira 100 Orang Tak Diketahui Keadaannya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 10:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 09 18 2139596 gunung-berapi-di-selandia-baru-meletus-sekira-100-orang-tak-diketahui-keadaannya-8j0e7FyUSv.jpg Asap membumbung dari Whakaari atau White Island saat meletus di Selandia Baru, 9 Desember 2019. (Foto: Reuters)

WELLINGTON - Gunung berapi White Island di lepas pantai Teluk Plenty, Selandia Baru telah meletus, mengirimkan gumpalan asap dan abu di udara. Upaya penyelamatan telah diluncurkan di tengah laporan bahwa hingga 100 orang mungkin berada di atau dekat pulau itu.

Webcam di White Island Crater Rim menangkap apa yang tampak seperti sekelompok orang di kawah gunung berapi itu sesaat sebelum letusan dilaporkan di pulau itu. Gambar-gambar yang telah beredar di daring itu diambil sekira pukul 2.10 sore waktu setempat, sementara laporan pertama dari aktivitas gunung berapi yang terjadi muncul beberapa menit kemudian.

Wali Kota Whakatane Judy Turner telah mengonfirmasi bahwa beberapa orang tampaknya telah terluka dalam letusan itu.

"Saya memiliki pemahaman yang terbatas saat ini selain ada erupsi, bahwa ada beberapa orang yang berada di pulau itu pada saat itu, yang mengalami beberapa cedera," katanya kepada RNZ sebagaimana dilansir RT, Senin (9/12/2019).

St John, sebuah organisasi amal yang menyediakan layanan ambulans di seluruh Selandia Baru dan layanan kesehatan lainnya, melaporkan bahwa lima helikopter telah dikirim ke pulau itu untuk menjemput orang-orang yang terluka. Seorang juru bicara organisasi mengatakan bahwa hingga 20 orang mungkin membutuhkan perawatan medis yang mendesak.

Mengomentari ledakan itu, PM Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa pihak berwenang memperkirakan sekira 100 orang mungkin berada di atau di sekitar pulau itu, dan beberapa dari mereka masih hilang.

"Pada tahap ini kami percaya sekitar 100 orang berada di sekitar atau di pulau pada tahap ini tidak semua dari mereka diketahui keadaannya," katanya seperti dikutip New Zealand Herald. Ardern mencatat bahwa upaya penyelamatan telah mengangkut beberapa orang yang terluka, yang sekarang diangkut ke pantai.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini