nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Tewas, Delapan Hilang Setelah Letusan Gunung Berapi Selandia Baru

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 11:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 10 18 2140069 lima-tewas-delapan-hilang-setelah-letusan-gunung-berapi-selandia-baru-vzoCp6am52.jpg Foto: Reuters.

WHAKATANE - Delapan orang yang hilang dan diperkirakan tewas setelah letusan gunung berapi yang terjadi pada Selasa menyelimuti sebuah pulau kecil tujuan wisata populer Selandia Baru. Abu dan uap panas hasil dari letusan tersebut telah menewaskan lima orang dan melukai sekitar 30 lainnya.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan penerbangan pengintaian tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan di White Island, sementara saksi mata merinci luka bakar mengerikan yang diderita oleh beberapa korban yang selamat.

BACA JUGA: Satu Orang Tewas Akibat Letusan Gunung Berapi Selandia Baru, Korban Mungkin Bertambah

Ardern mengatakan turis dari Australia, Amerika Serikat (AS), Inggris, China dan Malaysia termasuk di antara yang hilang dan terluka, bersama dengan beberapa warga Selandia Baru. Dia mengatakan akan ada penyelidikan pemerintah atas insiden tersebut.

"Bagi mereka yang kehilangan keluarga dan teman, kami berbagi kesedihan Anda yang tak terbayangkan pada saat ini dan dalam duka Anda," kata Ardern dalam konferensi pers di Whakatane, sebuah kota di pantai timur daratan, sekira 50 km dari White Island, demikian diwartakan Reuters, Selasa (10/12/2019).

Kamera di lingkar kawah White Island menangkap apa yang tampak seperti sekelompok orang di kawah gunung berapi itu sesaat sebelum letusan dilaporkan di pulau itu. Kamera lain menunjukkan ledakan yang melontarkan abu membumbung sekira 3.658 m ke udara.

"Sekarang jelas bahwa ada dua kelompok di pulau itu - mereka yang dapat dievakuasi dan mereka yang dekat dengan letusan," tambah Ardern.

Tim penyelamat tidak dapat mengakses pulau itu, yang sekarang tertutup abu vulkanis. GNS Science, badan geosains Selandia Baru, memperingatkan ada kemungkinan 50/50 terjadinya letusan lain dalam 24 jam mendatang, ketika lubang gunung berapi terus mengeluarkan "uap dan semburan lumpur".

BACA JUGA: Gunung Berapi di Selandia Baru Meletus, Sekira 100 Orang Tak Diketahui Keadaannya

White Island, juga dikenal sebagai Whakaari dalam bahasa Maori, adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Selandia Baru. Sekitar 70% dari pulau itu berada di bawah laut, menjadikan struktur vulkanik yang terbesar di Selandia Baru.

Meskipun demikian, pulau milik pribadi itu adalah tujuan wisata dengan tur yang berjalan setiap hari dan layanan penerbangan untuk melihat pemandangan yang disediakan. Tur harian tersebut membawa lebih dari 10.000 pengunjung ke gunung berapi itu setiap tahunnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini