nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Balada Bandara Ngloram: Tempat Gembala Ternak dan Arena Bermain Anak

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 17:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 12 512 2141187 balada-bandara-ngloram-tempat-gembala-ternak-dan-arena-bermain-anak-7ORRjUPcfl.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Tinjau Pembangunan Bandara Ngloram, Blora, Jawa Tengah (foto: Ist)

BLORA - Bandara Ngloram Blora segera beroperasi kembali setelah 34 tahun mangkrak. Selama puluhan tahun, tanah lapang itu berubah fungsi menjadi tempat penggembalaan ternak hingga arena bermain anak-anak.

Bandara Ngloram sudah ada sejak 1980. Keberadaan bandara dinilai perlu untuk mendukung proyek-proyek pertambangan minyak dan gas (migas) di Blora dan sekitarnya yang saat itu mulai berkembang.

Pembangunan Bandara Ngloram, Blora, Jawa Tengah (foto: Ist)	 

Pertama kali yang mendarat adalah Presiden Soeharto. Namun empat tahun kemudian, bandara tidak lagi beroperasi. Hingga akhirnya pemerintah memutuskan untuk membangun ulang bandara tersebut pada pertengahan 2018.

"Ini akan jadi kebanggaan warga Blora. Jika kemarin-kemarin hanya untuk mainan anak-anak dan angon ternak, insyaallah akhir tahun ini ada pesawat yang mendarat," kata Bupati Blora Djoko Nugroho saat mendampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek pengerjaan runway Bandara Ngloram Blora, Kamis (12/12/2019).

Saat ini proses pembangunan Bandara Ngloram hampir merampungkan pengerjaan runway atau landasan pacu. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan akhir tahun akan melakukan ujicoba pendaratan pesawat yang pertama.

Pembangunan Bandara Ngloram, Blora, Jawa Tengah (foto: Ist)	 

"Pengerjaan runway akan selesai pada 24 Desember mendatang. Kalau selesai akan kita ujicoba," lugas Ganjar.

Pada tahap awal ini, landasan pacu Bandara Ngloram yang dibangun sepanjang 1,2 kilometer, dari panjang runway sebelumnya yang hanya sepanjang 900 meter. Untuk selanjutnya runway bakal diperpanjang hingga 2,6 kilometer.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini