nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Fakta Dibalik Perkara Mobil Mewah di Jatim, Bermula dari Lamborghini Terbakar

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 00:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 16 519 2142692 7-fakta-dibalik-perkara-mobil-mewah-di-jatim-bermula-dari-lamborghini-terbakar-bjIWfxfdNb.jpg Mobil Mewah di Mapolda Jatim (Foto: Okezone/Syaiful)

SURABAYA - Akhir-akhir ini Polda Jawa Timur (Jatim) sedang gencar mengamankan mobil mewah atau supercar yang diduga tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB, serta yang menunggak bayar pajak. Ada 7 fakta yang berhasil dirangkum Okezone dalam kasus tersebut.

1. Sebanyak 14 Supercar Diamankan Polisi

Polda Jatim mengamankan sebanyak 14 supercar yang diduga tidak dilengkapi surat-surat kendaraan sejak Jumat sampai Minggu kemarin. Bahkan disinyalir pemilik supercar juga belum membayar pajak. Belasan supercar ini diamankan di jalan raya, mall dan door to door di Kota Surabaya dan Malang. Kini belasan supercar diparkir rapi di mapolda Jatim. Polisi akan menyerahkan kembali supercar pada pemiliknya asalkan bisa menunjukkan kelengkapan surat-surat seperti STNK dan BPKB.

"Sementara mobil mewah yang diamankan berjumlah 14 mobil. Angka tersebut kemungkinan bisa berkembang karena banyak sekali kendaraan mewah di jatim," terang Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

2. Berawal dari Terbakarnya Mobil Lamborghini

mobil mewah di Mapolda Jatim

Polda Jatim melakukan pengamanan terhadap mobil-mobil mewah berawal dari kasus terbakarnya mobil Lamborghini di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya pada Minggu (8/12/2019). Saat itu mobil berwarna merah dan kuning keemasan yang dikendarai Lanny Kusuma Wardhani pada bagian belakang mobil mengeluarkan asap. Kemudian penumpang lari keluar dari mobil untuk menyelamatkan diri.

Dengan adanya peristiwa itu sempat terjadi kemacetan di lokasi. Kemudian petugas mengamankan mobil tersebut. Setelah dilakukan pengembangan, ternyata sampai sekarang pemilik belum menunjukkan STNK dan BPKB mobil Lamborghini pada polisi.

"Ini berawal dari kejadian adanya mobil Lamborghini terbakar yang dipakai masyarakat atau sosialita di jalan raya seminggu lalu. Dari situ tim polda Jatim bekerjasama dengan polrestabes melakukan pemeriksaan, dan diperoleh hasil pengembangan ada beberapa kendaraan yang diamankan," ujar Luki.

3. Modus Pemilik Supercar Pakai Form A

mobil mewah di Mapolda Jatim

Polda Jatim terus mendalami kasus mobil mewah atau supercar yang diduga tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB. Sedikitnya ada 14 mobil mewah berbagai merk yang diamankan di mapolda Jatim.

Rata-rata pemilik mobil mewah tersebut hanya mengantongi form A (faktur pembelian mobil). Saat ini polda Jatim mendatangkan tim teknisi untuk mengetahui nomor rangka dan mobil. Setelah itu akan dicocokkan dengan data yang dimiliki oleh kepolisian.

Sebab sebagian besar pemilik mobil supercar yang diamankan ini tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan. Mereka hanya menunjukkan form A, itupun lewat WA.

"Modusnya hanya miliki form A, setelah itu tidak diurus pajaknya. Tapi ada dua kendaraan pemiliknya yang bisa nunjukin STNK dan BPKB kemarin. Namun karena libur diminta sekarang kembali lagi," ucap Luki.

4. Merek Supercar yang Diamankan

Polda Jatim mengamankan 14 supercar dari berbagai merk. Rinciannya meliputi Ferrari sebanyak 5 unit, Mc Laren 3 mobil, Porsche 2 mobil, Aston Martin 1 mobil, Lamborghini 1 mobil, Mini Coper 1 mobil dan Nissan GTR 1 mobil.

5. Polda Jatim Alih Kasus Terbakarnya Lamborghini

mobil mewah di Mapolda Jatim

Polda Jatim mengambil alih penanganan kasus mobil Lamborghini yang terbakar di Jalan Raya Mayjend Sungkono, Surabaya beberapa hari lalu. Sebelumnya kasus ini ditangani Satlantas dan Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Kini mobil mewah warna merah dan kuning keemasan berada di mapolda Jatim bersama supercar yang lain. Hingga kini pemilik mobil Lamborghini belum menunjukkan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB.

"Kita ambil alih (kasus mobil lamborghini terbakar) karena keterkaitan dengan kendaraan lain," terang Kapolda Jatim Irjen Pol Luki.

6. Satu Supercar Diambil Pemiliknya

mobil mewah di Mapolda Jatim

Satu mobil mewah bermerk Porsche warna biru yang sempat diamankan polda Jatim, akhirnya diambil kembali oleh pemiliknya atas nama Nasion Said Marcos (57) warga Surabaya. Setelah pemilik menunjukan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB.

Dengan diambilnya satu mobil mewah oleh pemiliknya, sehingga tinggal 13 mobil mewah yang masih diamankan di polda Jatim. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan hari ini ada mobil mewah yang diambil pemilik karena dokumennya lengkap. Pelanggaran mobil itu karena diganti cat dari warna orange ke warna biru toska.

"Pergantian warna juga harus ada surat keterangan dari bengkel yang mengganti cat," jelas Luki.

7. Ratusan Supercar di Jatim Belum Bayar Pajak

Sebanyak 600 mobil mewah yang ada di Provinsi Jatim, belum membayar pajak. Adapun nilai potensi pajak yang belum dibayar tersebut mencapai Rp 10 miliar lebih. Mobil masuk kategori mewah yang harga jualnya Rp 700 juta keatas.

"Mobil mewah yang terdaftar di Jatim sebanyak 7 628 unit kendaraan. Dari jumlah itu nilai potensi pajaknya sebesar Rp 125 miliar lebih. Dari jumlah total itu, sekitar 8 persen atau sekira 600 unit kendaraan yang belum bayar pajak, nilai pajaknya Rp 10 miliar lebih," terang Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur, Boedi Prijo S.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini