nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Cek Fisik, 5 Mobil Mewah di Polda Jatim Tak Teregistrasi

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 00:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 17 519 2143165 hasil-cek-fisik-5-mobil-mewah-di-polda-jatim-tak-teregistrasi-zZeuulM5ro.jpg Mobil Mewah di Mapolda Jatim (Foto: Okezone/Syaiful)

SURABAYA - Sebanyak 5 mobil mewah atau supercar dari 13 unit yang diamankan Polda Jatim, telah dilakukan cek fisik oleh petugas. Kelima mobil mewah yang dicek fisik meliputi 1 mobil Lamborghini, 3 mobil Ferrari dan 1 mobil McLaren.

Hasil dari cek fisik menyebutkan kelima supercar tersebut tidak teridentifikasi di data Elektronik Registrasi dan Identifikasi (ERI) Kendaraan Bermotor. Sehingga disinyalir kelima supercar ini ilegal.

Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan, menyatakan kendaraan yang berada diatas jalan harus memenuhi syarat administrasi secara lengkap. Tapi hasil cek fisik terhadap 5 mobil mewah ini ternyata tidak teridentifikasi di data ERI.

Ilustrasi

"Sekarang kita berikan kesempatan kepada pemilik mobil. Bagi yang belum sempat mendaftarkan, kita beri kesempatan untuk mendaftar. Terus kalau yang memang tidak terdaftarkan, kita berikan fasilitas untuk mendaftar," terang Gidion, Selasa (17/12/2019).

Namun, sambung Gidion, jika kendaraan itu ilegal tentunya akan dipross sesuai UU. Pihaknya memberi kesempatan bagi pemilik supercar supaya melengkapi dokumen resminya.

Hal senada juga diungkapkan Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan. Ia menjelaskan administrasi kendaraan yang harus dilakukan oleh pemilik mobil mewah diantaranya mengurus pemberitahuan impor barang (PIB).

Ini dilakukan setelah mengurus Form A atau surat keterangan pemasukan kendaraan bermotor impor yang sudah dilunasi bea masuk dan pajaknya. Lalu ke Kementerian Perindustrian untuk mengurus tipe kendaraan yang dimaksud.

"Setelah itu ada SRUT (Sertifikasi Registrasi Uji Tipe) dan SUT (Surat Uji Tipe). Kemudian akan keluar faktur. Kita berikan batasan waktu untuk para pemilik segera menyelesaikan administrasinya," ucap Budi.

Seperti diberitakan, Polda Jatim mengamankan 14 mobil mewah. Namun satu unit mobil mewah sudah diambil oleh pemiliknya setelah menunjukkan STNK dan BPKB. Kini tinggal 13 mobil mewah yang diamankan polda Jatim.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini