nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KKB Tembaki Petugas saat Gelar Baksos, 2 Prajurit TNI Tewas

Edy Siswanto, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 11:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 18 340 2143308 kkb-tembaki-petugas-saat-gelar-baksos-2-prajurit-tni-tewas-JNrKXxR3tM.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

PAPUA - Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) menyerang pasukan TNI dan Polri ketika melaksanakan baksos, dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2020, di Kampung Kulapa, Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, pada Selasa 17 Desember 2019, pada pukul 15.30 WIT.

Insiden penyerangan tersebut terjadi saat sejumlah anggota beserta masyarakat sedang mengangkut logistik dari kedudukan Helly Pad ke arah Kampung Kulapa tempat kegiatan Baksos.

Sekitar 150 meter dari pinggir kampung, tiba-tiba mendapatkan serangan mendadak dari arah yang tak terduga oleh KKSB dengan kekuatan sekitar 10 orang senjata campuran.

 Baca juga: Prajurit TNI Dinilai Dapat Musnahkan Kelompok Teroris MIT

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII Cenderawasih, Kolonel CPL Eko Daryanto mengatakan, akibat serangan tersebut dua orang prajurit TNI gugur dengan luka tembak yakni Lettu EZS dan Serda RR.

"Dua prajurit TNI gugur dengan luka tembak," kata Eko dalam keterangannya, Rabu (18/12/2019).

 Baca juga: Baku Tembak dengan KKB di Papua, 2 Prajurit TNI Terluka

Hingga saat ini, sambung dia, kedua jenazah korban masih di lokasi penembakan, karena beratnya kondisi lokasi.

"Kedua korban masih berada di lokasi karena beratnya medan, kondisi cuaca dan minimnya sarana informasi sehingga korban belum dapat di evakuasi," sambungnya.

Menurutnya, penyerangan tersebut terindikasi dari kelompok pimpinan Lekagak Talenggeng.

"Penyerangan dilakukan oleh kelompok pimpinan Lekagak Talenggeng. Sementara itu sisa pasukan melaksanakan pengamanan disekitar kampung untuk menjamin keamanan masyarakat setempat," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini