Fenomena Gerhana Matahari Cincin Jadi Berkah bagi Pedagang Kacamata

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Kamis 26 Desember 2019 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 340 2146286 fenomena-gerhana-matahari-cincin-jadi-berkah-bagi-pedagang-kacamata-S12vRF0Io7.jpg Pedagang kacamata (Foto: Banda Haruddin Tanjung)

SIAK - Ribuan warga menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Kampung Bunsur Kecamatan Sei Apit, Kabupaten Siak, Riau. Fenomena alam bulan menutupi sebagian besar matahari ini menjadi berkah tersendiri bagi penjual kacamata.

Para pedagang berburu rezeki dari luar lapangan hingga ke dalam lapangan pusat pemantauan GMC. Para pedagang menjajakan kacamata khusus untuk melihat fenomena GMC dengan harga variatif daru Rp20 ribu hingga Rp25 ribu.

"Alhamdullillah, sudah ratusan kacamata khusus terjual. Lumayan untuk kebutuhan keluarga," kata Andriani, salah satu pedagang, Kamis (26/12/2019).

Baca Juga: Lihat Gerhana Matahari Cincin, Warga Aceh: Masya Allah Indah Juga Ternyata

Gerhana matahari cincin

Indra Monek warga Kampar, Riau mengatakan, walau harganya cukup banyak menguras kocek, namun karena ini fenomena langka, sehingga rela membeli sejumlah kacamata.

"Saya tadi beli delapan buah, saya bawa keluarga. Tidak apa apa keluarin uang yang penting ini kan sejarah, karena kita bisa menyaksikan secara langsung," ucap Indra.

Fenomena GMC di Riau dipusatkan di sebuah lapangan yang berada di tepi laut. Ribuan warga menyaksikan secara langsung bagaimana proses hingga sampai GMC. Pihak panitia pun menyedikan kacamata raksasa khusus untuk dapat melihat secara langsung GMC.

"Jangan lihat mata secara langsung karena bisa berbahaya untuk mata," ucap Bupati Siak, Alfedri.

Baca Juga: Ribuan Warga Jatim Saksikan Gerhana Matahari Cincin dan Ikuti Salat Kusuf

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini