nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditangkap Polisi, Pria Penginjak Kitab Dikira Alqur'an Ngaku Tak Hina Islam

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 22:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 31 525 2147989 ditangkap-polisi-pria-penginjak-kitab-dikira-alqur-an-ngaku-tak-hina-islam-lQXxCcGfua.jpg Alquran (Okezone.com/Salman Mardira)

BANDUNG – Aparat Polres Garut menangkap pria berinisial HK yang fotonya viral menginjak kitab yang sempat dikira Alqur'an di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Polisi menyebutkan yang diinjak pelaku adalah Majmu Syarif Kamil, kitab berisi penggaran surah dan ayat-ayat Alquran.

HK diamankan polisi di rumahnya kawasan Karangpawitan, Garut, Senin 30 Desember 2019 sore, berdasarkan hasil penelusuran melalui media sosialnya lalu dibawa ke Polres Garut.

Kapolres Garut, AKBP Dede Yudy Ferdiansyah mengatakan, aksi pelaku menginjak kitab Majmu Syarif Kamil diketahui terjadi pada April 2019 di rumahnya.

"Pelaku menginjak buku Majmu, dilakukan pada April 2019 di rumahnya," ujar Dede Yudy, Selasa (31/12/2019).

 alquran

Alquran (Okezone.com/Widi Agustian)

Hasil pemeriksaan sementara diketahui, pelaku menginjak Majmu Syarif lalu mengabidikannya untuk membuktikan kepada pacarnya berinisial A bahwa dia serius mencintainya. Foto aksinya itu dikirim ke sang pacar melalui pesan WhatsApp.

HK mengaku tak bermaksud menghina umat Islam. Dia melakukan aksi itu untuk menyampaikan sumpah kepada kekasihnya.

"Saya hanya mau bersumpah ke A. Tak ada niat sedikit pun menghina Muslim. Orangtua saya, anak saya, dan keluarga saya semuanya Muslim," ujar HK.

Atas perbuatannya HK akan dijerat dengan Pasal 177 Ayat (2) KUHP, serta Pasal 45A Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Terhadap UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Ancaman pidana di atas empat tahun penjara.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini