Paus Fransiskus Minta Maaf Setelah Tampar Tangan Jemaat Wanita di Tahun Baru

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 02 Januari 2020 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 02 18 2148386 paus-fransiskus-minta-maaf-setelah-tampar-tangan-jemaat-wanita-di-tahun-baru-H8OomAEw8e.jpg Paus Fransiskus (Reuters)

VATICAN CITY - Paus Fransiskus telah meminta maaf karena menampar tangan seorang wanita yang mencengkeramnya saat menyapa anak-anak dan para jemaat di Lapangan Santo Petrus pada Malam Tahun Baru.

Peristiwa itu terjadi ketika Paus Fransiskus pergi ke tempat Kelahiran Yesus di Kota Vatikan. Pada Rabu, Paus meminta maaf sebelum menggunakan pidato Hari Tahun Baru-nya untuk mengecam kekerasan terhadap perempuan.

"Saya minta maaf atas contoh buruk kemarin," katanya sebagaimana dikutip CNN, Kamis (2/1/2020).

"Perempuan adalah sumber kehidupan. Namun mereka terus dihina, dipukuli, diperkosa, dipaksa untuk melacurkan diri dan menekan kehidupan yang mereka tanggung di dalam rahim.

Video: YouTube/AFP.

"Setiap bentuk kekerasan yang diderita seorang perempuan adalah penistaan terhadap Tuhan, yang lahir dari seorang wanita," ujarnya.

Foto: YouTube.

Video menunjukkan bahwa Paus Fransiskus terlihat marah pada insiden Selasa, di mana dia menampar tangan perempuan itu dalam upaya untuk melepaskan diri setelah dia meraihnya dan menariknya ke arahnya.

Perempuan itu berbicara kepada Paus yang berusia 83 tahun saat dia meraih tangannya, tetapi tidak jelas apa yang dia coba katakan kepada Paus.

Dalam pidatonya pada Rabu, Paus juga berbicara tentang kesetaraan gender, mengatakan kepada jemaat bahwa perempuan "harus sepenuhnya dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan."

"Setiap langkah maju untuk wanita, adalah langkah maju untuk kemanusiaan secara keseluruhan."

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini