nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awan Panas Merapi Munculkan Hujan Abu Tipis di Boyolali

Kuntadi, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 10:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 05 510 2149412 awan-panas-merapi-munculkan-hujan-abu-tipis-di-boyolali-FRX0LPWF8D.JPG Gunung Merapi di perbatasan Jateng dan DIY erupsi (Foto: BNPB)

YOGYAKARTA – Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali memunculkan awan panas. Guguran awan panas terjadi sejak Sabtu 4 Januari 2020 malam sekitar pukul 20.36 WIB dan tercatat pada seismograf dengan amplitudo maksimal 55 mm berdurasi 105 detik.

“Seismograf kita mencatat ada guguran awan panas dengan amplitudi maksimal 55 mm dengan durasi kurang loebih 105 detik,” jelas Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Tekonologi Kebencanaan dan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam siaran persnya, Minggu (5/1/2020).

Secara visual, BPPTKG tidak bisa melihat berapa ketinggian kolom asap. Cuaca di puncak Merapi dalam kondisi berkabut sehingga tak bisa terlihat.

Awan panas ini menjadi awan panas pertama di 2020. Akibat aktivitas ini, telah menimbulkan hujan abu tipis di wilayah Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah. Untuk iutulah masyarakat dihimbau untuk waspada dalam mengantisipasi gangguan abu vulkanik.

“Secara visual ini tidak teramati, tetapi berdasarkan durasi jarak luncurnya diperkirakan satu kilometer,” terangnya.

Hingga kini, Gunung Merapi masih berstatus waspada sejak 21 Mei 2018 silam. Dari pantauan meteorologi cuaca berawan, mendung dan hujan. Angin bertiup dengan intensitas lemah, sedang hingga kencang ke arah timur.sedangkan suhu udara antara 14-22,4 derajat celcius.

BPPTKG merekomendasikan adanya potensi bahaya luncuran awan panas dan runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dan letusan eksplosif. Area hingga 3 kilometer dari puncak agar tidak ada aktivitas manusia.

“Masyarakat kami imbau untuk waspada, khususnya saat terjadi hujan di puncak,” tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini