nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Getaran Gempa M 6,1 di Simeulue Aceh Terasa hingga Nias dan Medan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 14:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 07 340 2150217 getaran-gempa-m-6-1-di-simeulue-aceh-terasa-hingga-nias-dan-medan-GxThYSYVUZ.jpg ilustrasi pendeteksian gempa. (Foto : Shutterstock)

JAKARTA – Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 (sebelumnya disebut 6,4 sebelum dimutakhirkan) mengguncang Kepulauan Simeulue, Aceh, Selasa (7/1/2020) siang. Lindu itu getarannya terasa hingga ke Pulau Nias dan Medan, Sumatera Utara.

BMKG menyebutkan gempa mengguncang Samudera Hindia pantai barat Sumatera sekira pukul 13.05 WIB tadi. Episenter gempa terletak di koordinat 2,3 Lintang Utara dan 96,32 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 kilometer arah selatan Kota Sinabang, Kabupaten Kepulauan Simeulue, Aceh, pada kedalaman 20 Km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono menyatakan, dampak gempa di Sinabang Aceh tersebut dirasakan Nias Utara dan Gunung Sitoli.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Simeulue IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Tapaktuan, Singkil, Nias Utara dan Gunung Sitoli III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu)," kata Triyono, Selasa (7/1/2020).

Gempa. (Foto : Shutterstock)

Getaran gempa, kata dia, dirasakan hingga Medan dan Nias Barat. "Medan II-III MMI, Nias Barat & Meulaboh II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," tulis Triyono dalam keterangannya.


Baca Juga : Gempa M 6,4 Guncang Simeulue Aceh, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini