nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mangkir Tugas, Anggota Polisi Dihukum Hormat Bendera Sambil Pakai Helm

Dina Prihatini, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 21:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 07 340 2150397 mangkir-tugas-anggota-polisi-dihukum-hormat-bendera-sambil-pakai-helm-AytGb0x1Ih.jpg Anggota Polres Landak, Kalbar Dihukum Hormat Bendera Sambil Pakai Helm Merah karena Mangkir Tugas Jaga pada Natal 2019 (foto: Okezone/Dina Prihatini)

LANDAK - Akibat mangkir dari tugas jaga saat malam Natal 2019, salah seorang anggota Polres Landak, Kalimantan Barat, dihukum hormat bendera sambil memakai helm merah selama 3 jam setiap harinya hingga 6 hari kerja.

"Tindakan tersebut untuk memberikan peringatan agar yang bersangkutan ingat akan kewajibannya," ungkap Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro Ridwan kepada Okezone, Selasa (7/1/2020).

Baca Juga: Fakta Mengagetkan Polwan yang Kirim Foto Seksi ke Narapidana 

Upaya Polres Landak memberikan sanksi kepada seluruh anggota diakui Ade Kuncoro juga dilakukan oleh jajaran Polres lainnya. Sehingga siapapun yang melanggar harus menerima hukuman serupa.

"Anggota kepolisian itu tugasnya mengayomi, harus bisa memberi contoh kepada masyarakat," tegasnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan karena Provost Kepolisian Resor Landak harus mengambil langkah tegas dan keras dalam pendisiplinan anggota. "Agar perbuatannya tidak terulang dan menjangkiti anggota lain maka tindakan disiplin diberlakukan," tuturnya

Ade menambahkan, anggota Polres Landak yang diberi hukuman karena tidak hadir pada malam tugasnya saat malam Natal di Tahun 2019 dikarenakan urusan pribadi.

"Tindakan ini kami berikan juga dilakukan oleh seluruh anggota dan sesuai dengan Protap di Polda sehingga kalau ada yang melanggar ya dihukum. Hukuman diberikan mulai dari Senin kemarin sampai Sabtu minggu ini," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Dilarang Tinggalkan Pos Pengamanan Selama Operasi Lilin 2019 

Ia menambahkan, tindakan disiplin tersebut diberikan kepada yang bersangkutan secara administrasi dan fisik.

"Minimal hukuman ini contoh bagi yang lain sehingga tidak melakukan hal yang sama dengan anggota yang dihukum ini ke depannya selalu disiplin dalam bekerja," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini