Cuaca Ekstrem, Akses Pendakian ke Gunung Arjuno dan Welirang Ditutup

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 08 Januari 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 519 2150708 cuaca-ekstrem-akses-pendakian-ke-gunung-arjuno-dan-welirang-ditutup-d4ul63mzfQ.jpg Pos pendakian Gunung Arjuno dan Welirang ditutup. (Foto: Okezone.com/Avirista M)

PASURUAN – Pengelola Gunung Arjuno dan Welirang menutup akses pendakian akibat cuaca ekstrem. Penutupan pendakian berlaku di empat pos yakni Pos Tretes, Pos Tambaksari, Pos Lawang, dan Pos Batu, Jawa Timur. Keputusan itu diambil demi keselamatan para pendaki.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tahura R. Soerjo Ahmad Wahyudi menjelaskan, penutupan ini sudah dimulai sejak awal 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Prediksi cuaca dari BMKG Jawa Timur akan terjadi cuaca ekstrem, maka kami putuskan untuk menutup akses pendakian demi keselamatan para pendaki," ujar Ahmad Wahyudi, saat dihubungi, Rabu (8/1/2020).

Penutupan akses pendakian selain menghindari cuaca ekstrem yang membahayakan pendaki, juga sebagai upaya memulihkan ekosistem lingkungan di kedua gunung itu.

"Tentu selain menunggu cuaca lebih baik dan bersahabat, penutupan ini juga untuk pemulihan ekosistem lingkungan yang ada," ucapnya.

Jalur pendakian ke Gunung Arjuno dan Welirang kerap kali mengalami penutupan karena terjadi sejumlah insiden. Seperti pada musim kemarau lalu, akses pendakian juga ditutup akibat kebakaran lahan.

Gunung Arjuno. (Foto: Istimewa)

Sedangkan saat memasuki musim penghujan, cuaca ekstrem dengan hujan dan penurunan suhu cukup terasa di kawasan kedua gunung.

"Semua ini tentu untuk keselamatan pendaki. Semoga cuaca ekstremnya cepat berlalu," harap Wahyudi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini