nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Iran: Penembakan Pesawat Ukraina Adalah Kesalahan Tak Termaafkan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 13:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 11 18 2151766 presiden-iran-penembakan-pesawat-ukraina-adalah-kesalahan-tak-termaafkan-TbGLAzvvYc.jpg Foto: EPA.

TEHERAN – Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa negaranya sangat menyesali perihal penembakan pesawat maskapai Ukraina di Teheran oleh sistem pertahanan negaranya. Dia menyebut insiden itu sebagai sebuah “tragedi besar dan kesalahan yang tak termaafkan”.

"Investigasi internal Angkatan Bersenjata telah menyimpulkan dengan sangat disesalkan bahwa misil ditembakkan karena kesalahan manusia menyebabkan jatuhnya pesawat Ukraina yang mengerikan & kematian 176 orang tak bersalah," kata Rouhani di Twitter sebagaimana dilansir AFP, Sabtu (11/1/2020).

BACA JUGA: Iran Akui Tak Sengaja Tembak Jatuh Pesawat Ukraina

"Investigasi dilanjutkan untuk mengidentifikasi & menuntut tragedi hebat & kesalahan tak termaafkan ini."

BACA JUGA: Pesawat Berpenumpang 180 Orang Jatuh Usai Lepas Landas di Bandara Iran

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pesawat Boeing 737 Ukrainian International Airlines (UIA) penerbangan 752 jatuh di dekat Teheran pekan lalu, 8 Januari 2020, menewaskan 176 orang di dalamnya. Menurut pernyataan kantor berita IRNA, pesawat itu salah diidentifikasi sebagai "pesawat bermusuhan" dan ditembak jatuh oleh rudal Iran di saat ancaman terhadap negara itu berada di tingkat tertinggi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini