nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Berapi Taal Erupsi, KBRI Manila Siap Evakuasi WNI dari Cavite

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 11:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 13 18 2152208 gunung-berapi-taal-erupsi-kbri-manila-siap-evakuasi-wni-dari-cavite-1dK9lJpdFR.jpg Gunung Berapi Taal, Filipina. (Foto: Reuters)

MANILA – Tim perlindungan warga negara Indonesia (WNI) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manila siap mengevakuasi para WNI yang tinggal di wilayah Cavite, Filipina, di mana terjadi erupsi Gunung Berapi Taal yang memuntahkan abu vulkanis dan memicu perintah evakuasi penduduk di sekitarnya.

Gunung Taal yang berjarak sekira 82 kilometer dari Manila mengalami erupsi pada 12 Januari 2020 pukul 17.30 waktu setempat. Gunung itu memuntahkan abu vulkanis sejauh 1 kilometer ke udara. Selain mendorong pihak berwenang mengeluarkan perintah evakuasi, erupsi itu juga menyebabkan penundaan penerbangan di bandara internasional Manila.

BACA JUGA: Gunung Berapi Taal Muntahkan Abu Vulkanis, Ribuan Orang Diminta Mengungsi

“Terdapat 170 WNI yang bertempat tinggal di wilayah Cavite, mayoritas adalah mahasiswa,” demikian disampaikan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) dalam pesan singkat kepada media, Senin (13/1/2020).

Foto: Dok. KBRI Manila.

“Tim Perlindungan KBRI Manila pagi ini, 13/01/2020 telah berada di wilayah Cavite untuk memantau situasi, berkoordinasi dengan otoritas setempat dan memberikan bantuan kepada para WNI. Jika diperlukan, Tim akan mengevakuasi para WNI ke KBRI Manila.”

BACA JUGA: Letusan Gunung Berapi Ancam Manila

Selain melakukan persiapan evakuasi, KBRI Manila juga mengimbau para WNI di wilayah tersebut meningkatkan kewaspadaan, mengikuti arahan otoritas setempat, dan mengenakan masker atau handuk basah jika bepergian keluar ruangan. Untuk situasi darurat para WNI diminta untuk segera menghubungi hotline KBRI di nomor 0917 3198470.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini