nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Hutan, Australia Jalankan Operasi Rock Wallaby Demi Selamatkan Hewan Langka

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 08:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 13 18 2152429

SYDNEY – Pemerintah Australia menjalankan Operasi Rock Wallaby demi menyelamatkan hewan langka agar tidak punah akibat terdampak kebakaran hutan semak yang sudah melanda negara itu sejak September 2019.

Mengutip 9 News, Senin (13/1/2020) operasi Rock Wallaby adalah mengirimkan makanan dari helikopter terhadap populasi walabi batu ekor sikat yang terkena dampak kebakaran.

Negara Bagian New South Wales (NSW), salah satu wilayah yang paling terdampak kebakaran hutan sudah mengirimkan ribuan kilogram ubi dan wortel untuk populasi walabi.

Foto/Pemerintah NSW/9 News

Satwa Walabi sekilas mirip dengan kangguru, namun spesies jenis marsupial ini memiliki kaki yang lebih pendek.

"Para walabi biasanya selamat dari kebakaran, tetapi terlantar akibat sumber makanan hilang imbas kebakaran membakar habitat mereka," kata Menteri Energi dan Lingkungan NSW, Matt Kean.

Baca juga: PM Australia Mengakui Salah Menangani Kebakaran Hutan

Baca juga: Seorang Pria Pertaruhkan Nyawa demi Selamatkan Koala

Baca juga: Hampir Setengah Miliar Hewan Diperkirakan Mati Akibat Kebakaran Hutan Australia

Penyebaran Operasi Rock Wallaby mencakup Kangaroo Valley, Lembah Capertee dan Wolgan, serta Taman Nasional Yengo, Jenolan, Sungai Liar Oxley, dan Curracubundi.

Foto/Pemerintah NSW/9 News

Walabi batu ekor sikat di NSW, pernah diburu karena dianggap sebagai hama oleh warga lokal. Populasi mereka juga terancam oleh binatang buas dan hilangnya habitat.

Kondisi kekeringan yang memburuk pada 2019 membuat populasi Walabi menurun drastis.

Upaya untuk menyelamatkan sebanyak mungkin hewan sedang dilakukan di Australia, termasuk di Pulau Kanguru, Australia Selatan, di mana kebakaran telah menghancurkan lebih dari 215.000 hektare. Bahkan dokter hewan Garnett Hall mengatakan kepada ABC, ada sekitar 30.000 koala mati akibat kebakaran semak.

Selain Walabi dan koala, kebakaran hutan semak Australia juga membuat kekhawatiran terhadap populasi dunnart, dan kakatua hitam.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini