Erupsi Gunung Berapi Taal, 84 WNI Dievakuasi ke KBRI Manila

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 15 Januari 2020 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 15 18 2153042 erupsi-gunung-berapi-taal-84-wni-dievakuasi-ke-kbri-manila-B0HAiLIx6X.jpg Foto: Reuters.

MANILA – Tim perlindungan warga negara Indonesia (WNI) Kedutaan Besar Republik Indonesia telah mengevakuasi 84 orang dari wilayah di sekitar Gunung Berapi Taal yang diprediksi akan erupsi dalam waktu dekat. Para WNI tersebut ditempatkan di KBRI sampai menunggu situasi kondusif untuk kembali ke tempat tinggal mereka semula.

Menurut keterangan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, sampai Selasa, 14 Februari 2020 ada 84 WNI yang tinggal di KBRI Manila. Mereka adalah mahasiswa dan keluarga, serta WNI yang tertahan di bandara Internasional Manila karena dampak erupsi Gunung Taal.

BACA JUGA: Gunung Berapi Taal Erupsi, KBRI Manila Siap Evakuasi WNI dari Cavite

Sebelumnya 14 WNI telah meninggalkan KBRI untuk tinggal bersama teman dan kerabat mereka di Manila. Sementara 11 WNI dilaporkan telah meninggalkan Ibu Kota Filipina kemarin malam.

BACA JUGA: Erupsi Gunung Taal Dinilai Berbahaya, Ini Alasannya

Menurut Judha, terdapat beberapa mahasiswa WNI yang belum dievakuasi dari wilayah Cavite, dan memilih untuk tetap tinggal di sana untuk sementara waktu.

“Daerah wajib evakuasi dalam radius 10 km dari Gunung Taal. Lokasi asrama mahasiswa berjarak 15 km. KBRI melakukan evakuasi bagi WNI yang memilih untuk dievakuasi ke KBRI,” jelasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini