Share

Keraton Agung Sejagat Miliki 13 Kementerian, Salah Satunya Khusus Ritual

Taufik Budi, iNews.id · Rabu 15 Januari 2020 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 15 512 2153395 keraton-agung-sejagat-miliki-13-kementerian-salah-satunya-khusus-ritual-LHN3tsw2HU.jpg Keraton Agung Sejagat mengklaim miliki aset seluruh dunia (Foto: Ist)

SEMARANG - Keraton Agung Sejagat di Purworejo Jawa Tengah menarik perhatian publik karena kemunculannya tiba-tiba dan sarat akan kontroversial. Kerajaan baru ini sedianya akan dilengkapi struktur pemerintahan dari pusat hingga daerah.

"Jadi ada 13 Kementerian di keraton itu. Kemudian ada jabatan setingkat gubernur, ada pula yang setingkat lurah," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Rabu (15/1/2020).

"Di sana banyak jabatan. Itu yang di mereka (pihak keraton) janjikan nanti akan diisi mereka yang setor uang mulai dari Rp3 juta sampai Rp30 juta. Tergantung jabatannya," jelas dia.

Baca Juga: Polres Purworejo Olah TKP Keraton Agung Sejagat Kumpulkan Alat Bukti

Menurutnya, terdapat kementerian khusus yang membidangi ritual-ritual di keraton. Kegiatan ritual ini yang belakangan dikeluhkan masyarakat karena dinilai menggangu.

"Ritual-ritual itu ada dan di situ (keraton) ada dalam jabatan salah satu kementerian yang khusus menangani ritual. Dan ritual yang mereka lakukan ya bakar-bakar kemenyan, ada sesajen, dan nyanyi-nyanyi, macam-macam," beber dia.

Sebelumnya diberitakan, polisi membekuk Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41). Keduanya resmi menjadi tersangka pada Selasa 14 Januari, sekra pukul 16.00 WIB.

Mereka dijerat Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 10 tahun dan atau 4 tahun.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini