nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Prediksi Cuaca Panas di Yogya Masih Berlangsung hingga 3 Hari

Senin 20 Januari 2020 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 20 510 2155515 bmkg-prediksi-cuaca-panas-di-yogya-masih-berlangsung-hingga-3-hari-Hg0i1r6UA6.jpg Foto Ilustrasi Okezone

YOGYAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mlati, memprediksi cuaca panas yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih berlangsung dalam dua sampai tiga hari ke depan.

Dalam sepekan suhu udara maksimum di DIY mencapai 33 derajat celsius, tapi masyarakat tidak perlu khawatir karena masih masuk dalam kategori normal.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Mlati, Reni Kraningtyas mengatakan, cuaca panas terjadi karena angin divergen yaitu angin yang menyebar adanya pengurangan masa udara yang disebabkan arus udara horizontal dari suatu daerah.

"Cuaca cerah, menyebabkan radiasi matahari yang diterima bumi lebih besar, sehingga suhu udara terasa lebih panas. Di DIY kelembaban minimum 53% dan suhu maksimum 33 derajat Celcius. Kondisi tersebut diprediksikan masih terjadi selama dua atau tiga hari ke depan,” kata Reni Kraningtyas, seperti dilansir dari KRJogja.com.

Menurut Reni, cuaca panas yang terjadi beberapa hari ini dikarenakan kondisi atmosfer yang belum mendukung terbentuknya awan hujan. Sebagai informasi kategori musim hujan adalah menghitung jumlah hujan per dasarian sama atau lebih besar 50 mm. Kondisi itu terjadi dalam satu dasarian diikuti beberapa dasarian berikutnya secara berturut-turut.

Sementara itu, Kepala kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun klimatologi Yogyakarta, Etik Setyaningrum menjelaskan, sampai saat ini wilayah DIY masih periode musim hujan. Namun, tidak setiap hari harus ada hujan. Oleh karena itu, cuaca panas yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, masih masuk dalam kategori wajar.

Kata Etik, kondisi tersebut kurang mendukung untuk pembentukan awan-awan hujan. Adapun suhu udara rata-rata untuk siang hari berkisar 32 sampai 33 derajat celsius, dengan kelembaban di siang berkisar 52 persen sampai 55 persen. Dengan kondisi tersebut langit menjadi cerah dan menyebabkan suhu yang dirasakan sangat panas bagi masyarakat.

“Dalam beberapa hari ke depan hujan diprediksi akan kembali berpotensi muncul di beberapa wilayah DIY. Jadi masyarakat khususnya petani tidak perlu terlalu khawatir tetap dituntut jernih dalam menentukan jenis tanaman," sambungnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini