nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curah Hujan Tinggi, Desa di Cirebon Kebanjiran hingga 80 Cm

Fathnur Rohman, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 00:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 525 2155786 curah-hujan-tinggi-desa-di-cirebon-kebanjiran-hingga-80-cm-fLquPSqJIa.jpg Satu desa di Cirebon kebanjiran hingga 80 cm (Foto : Okezone.com/Fathnur)

CIREBON - Akibat curah hujan tinggi wilayah Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir pada Senin (20/1/2020) malam. Banjir hingga 80 cm tersebut berasal dari luapan air sungai Cikenanga yang melintasi desa tersebut.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, kawasan terparah yang terendam banjir berada di Perumahan Cahaya Permai, Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Ketinggian air sendiri mencapai mata kaki hingga paha orang dewasa.

Desa di Cirebon kebanjiran hingga 80 cm (Foto : Okezone.com/Fathnur)

Salah seorang warga bernama Nimo (40) menuturkan, air mulai merendam daerah sekitar rumahnya sejak pukul 18.30 WIB. Ia mengatakan, beberapa ruangan di rumahnya tergenang air. Bahkan, barang-barang miliknya sengaja ia simpan di tempat yang agak tinggi untuk menghindari air.

"Banjir mulai merendam itu tadi habis Maghrib. Sekitar jam setengah tujuh malam. Tingginya tadi sampai sepaha," kata Nimo saat berbincang dengan Okezone, Senin (20/1/2020) malam.

Nimo menerangkan, beberapa anggota keluarganya memilih untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan, dirinya tetap bertahan untuk menjaga rumahnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Lapanngan BPBD Kabupaten Cirebon bernama Faozan mengatakan, banjir yang merendam kawasan tersebut merupakan banjir kedua.

Ia mengungkapkan, pada Minggu 19 Januari 2020, kawasan itu sempat terendam banjir. Namun, pada siang harinya air sudah surut.

Baca Juga : Duka TKI Asal Blora, Gajinya Rp360 Juta Tidak Dibayar

Faozan menyatakan pihaknya sempat melakukan evakuasi dengan menggunakan perahu karet. Ia menyebut ketinggian air di daerah tersebut berkisar antara 30-80 cm. Saat ini dirinya beserta tim gabungan lainnya masih bersiaga di sekitar area banjir.

"Ada tiga keluarga tadi yang dievakuasi. Kejadian dari maghrib. Sekitar jam 18.30," ucap Faozan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini