nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korban Meninggal Akibat Virus Korona Bertambah Menjadi 6 Orang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 09:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 22 18 2156418 korban-meninggal-akibat-virus-korona-bertambah-menjadi-6-orang-Cby1RgP5GW.jpg Foto: AFP.

BEIJING - Korban meninggal dunia akibat virus korona yang menjangkiti lebih dari 300 orang di seluruh China telah meningkat menjadi enam orang. Pengumuman itu disampaikan pihak berwenang China sementara Kota Wuhan, yang menjadi pusat wabah meningkatkan kontrol untuk menahan penyebaran virus tersebut.

Diwartakan South China Morning Post, pejabat China pada Selasa, 21 Januari 2020, melaporkan bahwa jumlah total kasus virus korona yang dikonfirmasi di negara itu telah melonjak menjadi 309 kasus, dengan sebagian besar terjadi di Provinsi Hubei. Kasus lainnya dilaporkan di Beijing, Shanghai, Tianjin, Guangdong, Zhejiang, Henan, dan Chongqing.

BACA JUGA: Fakta-Fakta Virus Korona China yang Telah Merenggut 4 Jiwa

Kasus virus korona juga telah dikonfirmasi terjadi Taiwan, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Australia dan Amerika Serikat (AS). Sementara itu Hong Kong melaporkan 118 kasus yang diduga sebagai kasus virus korona, termasuk 88 orang yang telah diizinkan pulang dari perawatan.

Pemerintah China juga mengonfirmasi bahwa virus korona dapat ditularkan dari orang ke orang, dengan ahli penyakit menular terkemuka China, Zhong Nanshan mengatakan bahwa karantina merupakan cara paling efektif untuk mencegah penyebarannya.

“Begitu menyebar dari manusia ke manusia, karantina harus menjadi prioritas utama. Saat ini, saya tidak berpikir karantina telah dilaksanakan dengan cukup menyeluruh," kata pria yang memiliki peran besar dalam penanganan kasus virus korona lainnya, sindrom pernafasan akut (SARS) yang mewabah di China hampir dua dekade lalu.

BACA JUGA: Organisasi Kesehatan Dunia Serukan Pertemuan Darurat Bahas Virus Korona China

SARS yang menyebabkan virus korona, menjangkiti 8.098 orang di China pada 2002-2003. Tercatat 774 orang meninggal dunia karena virus tersebut.

Virus korona dapat menyebabkan gejala mulai dari ringan, batuk, hingga kesulitan bernapas.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini