nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Wabah Virus Korona, China: Jangan Pergi ke Wuhan!

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 19:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 22 18 2156772 ada-wabah-virus-korona-china-jangan-pergi-ke-wuhan-HdAqBZeZrP.jpg Foto: Reuters.

BEIJING - Pihak berwenang China telah menyarankan orang untuk berhenti bepergian ke dan keluar dari Wuhan, kota di pusat wabah virus korona yang telah menewaskan sembilan orang. Mereka yang tinggal di kota dengan 8,9 juta jiwa itu juga telah diminta untuk menghindari keramaian dan meminimalkan pertemuan publik.

Virus baru telah menyebar dari Wuhan ke beberapa provinsi di China dan beberapa negara termasuk Amerika Serikat (AS), Thailand dan Korea Selatan.

BACA JUGA: China Konfirmasi 440 Kasus Infeksi Virus Korona, 9 Orang Meninggal Dunia

Ada 440 kasus yang dikonfirmasi, dengan asal penyakit diyakini dari pasar makanan laut yang "melakukan transaksi ilegal hewan liar".

"Pada dasarnya, jangan pergi ke Wuhan. Dan orang-orang di Wuhan tolong jangan meninggalkan kota," kata Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional Li Bin dalam salah satu briefing publik sebagaimana dilansir BBC, Rabu (22/1/2020). Ini merupakan briefing publik pertama NHC dari sejak awal merebaknya wabah korona.

Pihak berwenang juga mengakui bahwa negara itu sekarang berada pada "tahap paling kritis" pencegahan dan kontrol.

BACA JUGA: Heboh Virus Korona, Vaksin di Indonesia Belum Bisa Atasi Pneumonia Wuhan

China sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa penularan virus dari manusia ke manusia telah terjadi. Virus, yang dikenal juga sebagai 2019-nCoV, dipahami sebagai jenis baru virus korona yang sebelumnya belum diidentifikasi pada manusia.

Tanda-tanda infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini