nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Badai Gloria Terjang Spanyol, 13 Orang Tewas dan 4 Dilaporkan Hilang

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 24 Januari 2020 11:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 24 18 2157618 badai-gloria-terjang-spanyol-13-orang-tewas-dan-4-dilaporkan-hilang-U2WwWuA4QZ.jpg Foto: AP.

MADRID - Badai dahsyat yang telah menghancurkan beberapa bagian Spanyol dengan hujan lebat dan angin kencang telah menewaskan sedikitnya 13 orang. Pihak berwenang Spanyol juga mengatakan empat orang masih hilang setelah Badai Gloria memicu banjir dan menyapu jalanan.

Pada Kamis, 23 Januari, Perdana Menteri Pedro Sanchez terbang di atas beberapa daerah timur yang terkena dampak badai paling parah paling dan mengunjungi Majorca yang telah dihantam oleh gelombang besar.

Pemerintah Spanyol pada Jumat akan mengadakan pertemuan darurat untuk mengoordinasikan tanggapan terhadap Badai Gloria.

"tidak akan ada penghematan dalam pemberian sumber daya atau upaya apa pun," kata PM Sanchez sebagaimana dilansir BBC, Jumat (24/1/2020).

"Saya pikir apa yang penting saat ini adalah bahwa kita semua bersatu, bahwa kita bekerja bahu-membahu dan bekerja sama, seperti yang kita lakukan," katanya.

Badai Gloria menyapu Kepulauan Balearic, yang termasuk pulau tujuan wisata Majorca, pada akhir pekan lalu dengan hujan deras dan angin berkecepatan 100 km / jam.

Gelombang besar memaksa beberapa warga untuk mengungsi dari rumah mereka sementara sungai meluap dan memutus perahu mereka dari tambatannya, menghanyutkannya ke pantai.

Badai kemudian menghantam Catalunya, Valencia dan daerah selatan Murcia dan Andalusia dengan hujan dan salju, meninggalkan jejak kerusakan di resor wisata populer yang sibuk mempersiapkan musim liburan.

Media Spanyol melaporkan empat kematian terkait badai di Catalunya, lima di Valencia dan dua di Andalusia dengan satu di wilayah tengah Castile dan León dan satu di wilayah utara Asturias.

Pada Kamis, pekerja darurat mengatakan mereka menemukan mayat seorang lelaki tenggelam di mobilnya di Kota Cabaces, Catalunya.

Pihak berwenang mengatakan jumlah korban jiwa bisa meningkat lebih lanjut dengan empat orang masih hilang di Catalunya dan Kepulauan Balearic.

Kondisinya mereda ketika badai melewati negara itu meskipun beberapa sungai di timur laut meluap pada Kamis. Badai Gloria juga memporak-porandakan Pyrénées-Orientales, wilayah Mediterania paling selatan di Prancis, yang telah ditempatkan dalam siaga tinggi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini