nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tangkap Warga Bulgaria Pelaku Skimming di Bali

Rabu 29 Januari 2020 14:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 29 244 2160092 polisi-tangkap-warga-bulgaria-pelaku-skimming-di-bali-ygkqcvFbfM.jpg Polda Bali menangkap pelaku skimming asal Bulgaria (Foto: Balipost.com)

DENPASAR – Direktorat Resor Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bali kembali mengungkap kasus skimming, yang melibatkan warga negara asing (WNA), pada Jumat 27 Januari 2020. Dua pelaku, Metodi Angelov Nikolov (39) dan Yanko Naydenov Borisov(33) warga Bulgaria ditangkap di Kuta Utara.

Wakil Direktur Reskrimsus Polda Bali, AKBP Bambang Tertianto mengatakan, karena maraknya laporan skimming di wilayah Polda bali, Subdit V (Siber) bersama Satgas CTOC Polda Bali melaksanakan penyelidikan intensif di seputaran Canggu, Kuta Utara, Badung.

Pada Jumat 17 Januari, akhirnya berhasil menangkap tersangka Nikolov saat melepas kamera tersembunyi yang dimodifikasi menyerupai Tap Cash e-money ATM BNI. Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan di dalam mobil pelaku tiga buah kamera tersembunyi yang sama.

Baca Juga: 10 Siasat agar Terhindar dari Kejahatan Siber, Kamu Pilih Cara Mana?

Setelah itu, dilakukan pengembangan dan tim gabungan berhasil mengamankan Yanko di sebuah villa di seputaran Seminyak.

“Kedua pelaku ini, tugasnya sama yaitu memasang dan melepas kamera tersembunyi yang dimodifikasi menyerupai Tap Cash e-money ATM BNI. Alat ini dipasang di samping keypad ATM,” kata Bambang seperti dikutip dari Balipost.com, Rabu (29/1/2020).

Ilustrasi Foto Shutterstock

Barang bukti yang diamankan satu set wifi router, empat buah kamera tersembunyi yang dimodifikasi menyerupai Tap Cash e-money BNI, satu unit mobil merek Suzuki Splash warna silver.

Kemudian, sepasang sandal jenis selop merek Sports, satu pieces baju berkerah warna merah merek Guess dan sepasang sandal jepit merek Falm yang digunakan pelaku pada saat memasang kamera tersembunyi.

“Seperti biasa para pelaku ini tidak kooperatif saat diperiksa. Ini menjadi kendala saat penyidik kami mengembangkan kasus ini,” ujarnya.

Baca Juga: Dua WN Bulgaria Diamankan Setelah Tepergok Pasang Alat di ATM

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini