Kasus Memiles Jadi Perhatian Publik, DPR: Penegakan Hukum Harus Cermat

Syaiful Islam, Okezone · Rabu 29 Januari 2020 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 519 2159813 kasus-memiles-jadi-perhatian-publik-dpr-penegakan-hukum-harus-cermat-pmK78BEwpW.JPG Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan saat menyambangi Mapolda Jatim untuk memantau proses hukum kasus dugaan penipuan investasi aplikasi Memiles (Foto: Okezone.com/Syaiful Islam)

SURABAYA - Kasus dugaan penipuan investasi bodong aplikasi Memiles yang berhasil dibongkar Polda Jawa Timur, menjadi perhatian publik selama sebulan terakhir. Sebab, dalam kasus tersebut banyak warga yang menjadi korban.

Tak hanya itu, total kerugian yang dialami para member aplikasi Memiles mencapai miliaran rupiah. Polisi juga menyita puluhan mobil dan motor baik dari member yang dapat reward, maupun dari PT Kam and Kam sendiri selaku operator dari aplikasi Memiles.

"Terkait dengan permasalahan hukum Memiles memang tiga minggu atau sebulan yang lalu sempat menjadi perhatian publik. Kami anggota DPR RI Komisi III untuk melihat langsung penanganan termasuk juga proses penegakan hukum yang dilakukan Polda Jawa Timur," terang anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, di Mapolda Jatim, Selasa 28 Januari 2020.

Menurut Arteria, pihaknya sudah mencari tahu sebagai klarifikasi terkait beberapa isu yang beredar. Hasilnya dia dapat banyak informasi di Mapolda Jatim. Pihaknya menghormati dan menjunjung tinggi, serta tidak mengintervensi sedikitpun terkait proses penegakan hukum yang dilakukan penyidik kepolisian. 

"Lakukanlah penegakan hukum sehebat-hebatnya, sekuat-kuatnya cuma satu bahwa penegakan hukum harus juga mengedepankan yang namanya restorative justice di atas semuanya, kepentingan rakyat banyak yang harus diutamakan. Makanya strategi-strategi giat penegakan hukumnya harus cermat. Sehingga rakyat juga bisa terlindungi," ungkap politikus PDIP ini.

Legislatif juga mengapresiasi terhadap upaya-upaya penyitaan yang dilakukan Polda Jatim. Dirinya berpesan pada masyarakat untuk mempercayakan upaya penegakan hukum kepada Polda Jatim. Pihaknya juga berjanji akan tetap melakukan pengawalan.

"Kami juga ingin teman-teman di Polda Jatim ini menghadirkan penegakan hukum yang pasti dan kalau memang faktanya ya sedemikian, mudah-mudahan bisa dihadirkan ke ruang publik sehingga publik juga bisa lebih tercerahkan," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini