nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Brexit Jadi Kesempatan Inggris Tunjukkan Global Britania

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 19:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 31 18 2161413 brexit-jadi-kesempatan-inggris-tunjukkan-global-britania-9K4BNBtcaN.jpeg Duta Besar Inggris di Jakarta, Owen Jenkins. (Foto: Okezone/Dika)

JAKARTA – Inggris akan secara resmi meninggalkan Uni Eropa (UE) dalam sebuah langkah bersejarah pada 31 Januari 2020 pukul 11 malam waktu Inggris, atau Sabtu, 1 Februari 2020 pukul 6 pagi waktu Indonesia. Langkah yang dikenal sebagai Brexit itu merupakan hasil dari referendum yang telah dilakukan warganya pada 2016 lalu.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins mengatakan, Brexit menjadi sebuah kesempatan bagi Inggris untuk menunjukkan apa yang dia sebut sebagai Global Britania Menurutnya, keluarnya Inggris dari UE memungkinkan negara itu untuk menjalin hubungan yang lebih kuat dengan berbagai, negara, memperluas hubungan dagang termasuk dengan negara-negara Asia yang diproyeksikan sebagai pusat ekonomi dunia pada abad ini.

BACA JUGA: Ketentuan Brexit Disetujui, Inggris Keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari

“Global Britania berarti hubungan baru dengan UE, hubungan yang lebih kuat dengan negara-negara seperti Indonesia,” katanya dalam press briefing di Kedutaan Inggris di Jakarta, Jumat, (31/1/2020).

“Kami adalah negara yang ambisius dengan ide-ide besar, dipicu oleh ambisi baru dan bertekad untuk mengidentifikasi serta mendapatkan peluang-peluang kerja sama baru.”

Dubes Owen menambahkan bahwa negaranya merasa optimis dan percaya diri dalam mengambil langkah-langkah dan menjalin hubungan pasca-Brexit, terutama dengan berbagai kualitas yang dimiliki negara itu.

“Lebih dari 1,75 miliar orang, seperempat dari populasi dunia, berbicara Bahasa Inggris. Kami memiliki empat dari 10 universitas terbaik di dunia, menempati peringkat salah satu tempat terbaik untuk melakukan bisnis dan merupakan ekonomi terbesar ke-6 di dunia,” ujarnya.

BACA JUGA: 10 Fakta tentang Brexit, Dampak dan Pengaruhnya

Selain itu, Inggris juga merupakan negara tujuan investasi nomor satu di Eropa dengan investasi di sektor teknologi yang bahkan mengungguli dua negara adidaya di bidang tersebut: Amerika Serikat (AS) dan China.

“Jadi kami yakin akan kemampuan kami untuk mengambil posisi baru sebagai negara yang mandiri, di dunia,” pungkasnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini