nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Mulai Dibuka Sabtu 1 Februari 2020

Jum'at 31 Januari 2020 15:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 31 512 2161319 jalur-pendakian-gunung-merbabu-mulai-dibuka-sabtu-1-februari-2020-HqJKIfO7Sq.jpeg Gunung Merbabu. (Foto: Solopos.com/Mariyana Ricky)

BOYOLALI – Jalur pendakian ke Gunung Merbabu kembali dibuka mulai Sabtu 1 Februari 2020, setelah ditutup sejak 12 Sepetember 2019 karena terjadi kebakaran hutan dan lahan. Pembukaan jalur pendakian tersebut diumumkan Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu lewat surat bernomor tertanggal 28 Januari 2020 yang ditandatangani Kepala BTNGMb, Junita Parjanti.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com, selama ditutup, jalur resmi pendakian Gunung Merbabu telah diperbaiki. Merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi yakni jalur Selo di Dukuh Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Boyolali; jalur Cunthel di Dukuh Cunthel, Kopeng, Kecamatan Getasan; serta jalur Thekelan di Dukuh Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, di Kabupaten Semarang.

Selain itu ada jalur pendakian Suwanting di Dukuh Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan; serta jalur Wekas, Dukuh Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, di Kabupaten Magelang.

"Maka, seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu terhitung mulai Sabtu akan dibuka kembali," Kepala BTNGMb, Junita Parjanti, Jumat (31/1/2020).

Keindahan Gunung Merbabu dan Merapi Bisa Dilihat dari Gardu Pandang Wisata Gancik

Junita berpesan kepada para pendaki agar mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan selama mendaki. Selain peralatan, kondisi fisik dan rohani juga harus tetap sehat.

Baca juga: Ribuan Pendaki Padati Puncak Gunung Merbabu

"Para pendaki harus mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem saat mendaki serta mematuhi segala peraturan yang berlaku," ujarnya.

Junita mengatakan untuk jalur khusus Selo, Boyolali para pendaki bisa mendaftar melalui online. Pendaki bisa membuka situs www.tngunungmerbabu.org pada menu pendaftaran online.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini