nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beri Hibah Rp350 Juta untuk Bangun Toilet, Menteri Olahraga Australia Mundur

Senin 03 Februari 2020 12:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 03 18 2162432 beri-hibah-rp350-juta-untuk-bangun-toilet-menteri-olahraga-australia-mundur-WCqXnLQx5a.jpg Bridget McKenzie. (Foto/Facebook Bridget McKenzie)

CANBERRA – Menteri Olahraga sekaligus Menteri Pertanian Australia, Bridget McKenzie mengundurkan diri dari jabatannya pada Minggu 2 Februari 2020 karena skandal pemberian hibah sebesar Rp350 juta.

Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan Senator McKenzie juga melepaskan jabatannya sebagai Wakil Pimpinan Partai Nasional.

Semuanya berawal pada Februari 2019 ketika Senator McKenzie mengalokasikan dana hibah sebesar AUD35.980 (sekira Rp350 juta) untuk memperbaiki toilet sebuah klub menembak di Wangaratta, negara bagian Victoria.

Hal demikian ini sebenarnya lazim saja dilakukan para anggota parlemen, apalagi Wangaratta memang merupakan daerah pemilihan (Dapil) Senator McKenzie sendiri.

Namun hal ini menjadi sorotan karena belakangan diketahui bahwa Senator McKenzie merupakan anggota dari klub menembak tersebut.

Penyelidikan yang dilakukan Kantor Perdana Menteri dan Kabinet menemukan bahwa Senator McKenzie telah melanggar kode etik menteri karena tidak mengumumkan keanggotaannya pada klub bernama The Wangaratta Clay Target Club itu.

PM Morrison mengutip hasil penyelidikan yang menyatakan bahwa seharusnya potensi konflik kepentingan diumumkan dalam kasus ini.

Dikatakan, Menteri McKenzie tidak melakukan hal itu sehingga dinilai telah melanggar kode etik menteri.

Dalam pernyataannya pada hari Minggu, Senator McKenzie mengaku menerima hasil penyelidikan ini namun akan tetap bertahan sebagai senator.

"Saya selalu memandang peran sebagai menteri dengan sangat serius dan saya paham bahwa masyarakat mengharapkan anggota parlemen memiliki standar tertinggi," ucapnya melansir ABC Australia.

Namun dia membantah bahwa keanggotaannya di klub menembak itu telah mempengaruhi keputusan pemberian hibah. "Saya juga tidak menerima keuntungan pribadi," kata Senator McKenzie.

Dia menambahkan dirinya akan tetap mendukung olahraga menembak yang disebutnya seringkali memberikan kemenangan bagi Australia di ajang Olimpiade.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini