nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iran Siap Bekerja Sama dengan Uni Eropa Selesaikan Perjanjian Nuklir

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 16:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 04 18 2163236 iran-siap-bekerja-sama-dengan-uni-eropa-selesaikan-perjanjian-nuklir-ayRz9382qC.jpg Presiden Iran Hassan Rouhani bertemu dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrel. (Foto/Mehr)

TEHRAN - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE), Josep Borrell bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani pada Senin 3 Februari 2020 di Teheran, membahas Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) atau Perjanjian Nuklir Iran.

Dalam pertemuan itu, Presiden Rouhani mengatakan bahwa Iran berkomitmen untuk kewajibannya di bawah JCPOA, mengkritik kegagalan pihak lain untuk memenuhi komitmennya.

"Republik Islam Iran masih siap untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan Uni Eropa untuk menyelesaikan masalah," kata dia mengutip Mehr, Selasa (4/2/2020).

Dia juga mengatakan bahwa mengembangkan hubungan dan kerja sama dengan negara-negara Eropa, selalu penting bagi Iran.

Baca juga: Iran Sebut Rencana Perdamaian Timur Tengah Trump "Pengkhianatan Abad Ini"

Baca juga: Dubes Azad Sebut Iran Tidak Ingin Berperang dengan AS

Rouhani juga menyatakan harapan bahwa hubungan mereka semakin diperdalam dengan upaya kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa yang baru.

"Sayangnya, penarikan Amerika Serikat secara sepihak dari perjanjian menciptakan banyak hambatan dan kesulitan bagi pihak lain untuk sepenuhnya mengimplementasikannya," ujarnya.

Rouhani menyatakan bahwa langkah Iran untuk mengurangi kewajibannya adalah dalam kerangka perjanjian dan untuk mempertahankannya.

"Republik Islam Iran masih sepenuhnya siap untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan Uni Eropa untuk menyelesaikan masalah dan kapan pun. Iran siap untuk kembali ke komitmennya," tutur dia.

"Mereka telah melakukan banyak kesalahan strategis terhadap negara-negara kawasan, termasuk Iran, Irak, Libanon, Yaman, Suriah dan Afghanistan, dan langkah mereka baru-baru ini yang dilakukan bekerja sama dengan Rezim Zionis [Israel] dengan judul "Kesepakatan Abad Ini" sesuai dengan kesalahan ini dan ditakdirkan untuk gagal," papar Rouhani merujuk kebijakan AS.

Sedangkan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa mengembangkan kerja sama dengan Iran selalu penting bagi Uni Eropa.

"Saya menyesal bahwa pihak-pihak [Uni] Eropa gagal memenuhi komitmen mereka di bawah JCPOA," katanya, seraya menambahkan bahwa upaya harus diperluas untuk mengimplementasikan kesepakatan.

Borrel melanjutkan bahwa negara-negara Eropa berusaha untuk melestarikan JCPOA dan menyelesaikan masalah untuk menjaga kesepakatan.

"Sebagai Perwakilan Tinggi Uni Eropa, saya akan melakukan segala daya saya untuk menciptakan interaksi yang kuat untuk menyelamatkan JCPOA," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini