nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Hancur 3 Bagian Usai Tergelincir di Turki, 1 Tewas 150 Terluka

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 09:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 06 18 2164124 pesawat-hancur-3-bagian-usai-tergelincir-di-turki-1-tewas-150-terluka-9eHoaSI5C0.jpg Pesawat tergelincir di Istanbul, Turki. (Foto/Twitter)

ISTANBUL - Sebuah pesawat penumpang yang mendarat di bandara di Istanbul, Turki tergelincir di landasan pacu dan hancur menjadi tiga bagian, menewaskan satu orang dan melukai lebih dari 150.

Jet Pegasus Airlines membawa 171 penumpang dan enam awak dari provinsi Izmir kemudian tergelincir di bandara Sabiha Gokcen, Istanbul.

Pesawat jenis Boeing 737 itu berusaha mendarat saat angin kencang dan hujan lebat.

Bandara ditutup dan penerbangan dialihkan setelah kecelakaan itu.

Media Turki mengatakan mayoritas penumpang di kapal itu warga Turki tetapi ada juga sekitar 20 warga negara asing.

"Sayangnya, pesawat Pegasus Airlines tidak dapat bertahan di landasan karena kondisi cuaca yang buruk dan tergelincir sekitar 50-60 m," kata Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya menyitir BBC, Kamis (6/2/2020).

Dia mengatakan pesawat kemudian jatuh antara 30 dan 40 meter dari ujung landasan.

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengonfirmasi seorang warga negara Turki tewas dan 157 orang lainnya terluka. Dia mengatakan tidak ada orang yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Rekaman video menunjukkan penumpang memanjat melalui salah satu celah untuk melarikan diri melalui salah satu sayap, dan puluhan penyelamat bekerja di sekitar pesawat.

Rekaman lain di media sosial menunjukkan kobaran api di dalam pesawat, yang kemudian dikeluarkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Menteri Transportasi Mehmet Cahit Turhan mengatakan pihak berwenang belum dapat berbicara dengan pilot, warga negara Turki dan seorang warga Korea Selatan, yang diyakini telah terluka dalam kecelakaan itu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini