KMP Salvatore Mati Mesin di Selat Sunda, Ratusan Penumpang Dievakuasi

iNews TV, MNC Media · Kamis 06 Februari 2020 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 340 2164123 kmp-salvatore-mati-mesin-di-selat-sunda-ratusan-penumpang-dievakuasi-vctTmZrt70.jpg Foto Ilustrasi Okezone

LAMPUNG - Kapal motor penumpang atau KMP Salvatore mengalami black out atau mati mesin di perairan Selat Sunda sekitar 2 mil dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, akibatnya puluhan penumpang di dalam kapal yang hendak berlayar ke Pelabuhan Merak, Banten ini harus dievakuasi kembali ke Pelabuhan Bakauheni. Namun, sebanyak 41 kendaraan berbagai jenis masih di dalam kapal tersebut.

Kapal yang bermuatan 120 penumpang dan 58 kendaraan terombang-ambing di laut selama lima jam lebih, KMP Salvatore berangkat berlayar dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, namun setelah berlayar kurang lebih dua mil mengalami mati mesin.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Bakauheni Lampung, Iwan Syahrial mengatakan, kejadian rusaknya mesin KM Salvatore berawal dari mesin bagian kanan kapal, sehingga membuat kapal tak mampu meneruskan perjalananya menuju Pelabuhan Merak.

“Titik kordinat rusaknya mesin kapal terjadi di sekitar Pulau Panjurit masuk wilayah perairan Lampung,” kata Iwan kepada wartawan.

 Kapal tenggelam

Evakuasi penumpang pun dilakukan menggunakan kapal tugboat dan kapal milik Basarnas Lampung, akibat peristiwa tersebut ratusan penumpang tujuan pulau Jawa tertunda keberangkatanya.

“Sedangkan kendaraan dari dalam kapal tepaksa dilakukan dengan posisi kendaraan mundur,” sambungnya.

Akibat peristiwa tersebut, seluruh penumpang kapal kecewa sebagian para pengemudi truk protes, dan meminta pertanggung jawaban dari pihak pelayaran. Berdasarkan dari data uji petik yang dilakukan oleh petugas Syahbandar KM Salvatore masuk dalam daftar perawatan, dan perbaikan khusus agar hal serupa tidak terulang kembali.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini