nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Rendam Rumah Warga di Majalengka Akibat Luapan Sungai Ciranggon

Kamis 06 Februari 2020 10:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 06 525 2164139 banjir-rendam-rumah-warga-di-majalengka-akibat-luapan-sungai-ciranggon-cjZQ08Rbvw.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

MAJALENGKA - Banjir terjadi di Desa Leweunghapit, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar) akibat luapan Sungai Ciranggon pada Kamis (6/2/2020) pagi. Namun ketinggin air relatif mengalami penurunan dibanding tadi malam.

Banjir tidak hanya terjadi di satu titik saja. Selain merendam belasan rumah, luapan air juga masuk ke sejumlah rumah warga di Dusun Cikmngi, Desa Leweunghapit. Ujang, salah seorang warga Dusun Cikamangi menjelaskan, air mulai tinggi dan masuk ke pemukiman sekitar pukul 21.00 WIB pada Rabu malam.

"Puncaknya pukul 02.00 WIB, duluan yang di Leweunghapit. Kami tidak bisa tidur, jaga-jaga takut terus naik," kata Ujang, melansir Sindonews.

Dia menambahkan, saat malam hari ketinggian air mencapai sekitar 70 sentimeter. Namun, memasuki pagi air mulai mengalani penyusutan.

"Alhamdulillah, sekarang mah udah nyusut. Pas tadi malam mah sampe ke paha," tuturnya.

Kuwu Desa Leweunghapit, Didi Suryadi menjelaskan, sedikitnya 20 rumah di Dusun Cikmangi tererdam. "Ada tiga blok di dusun Cikamangi yang terendam, Blok Minggu, Senin, dan Blok Selasa. Ada sekitar 20 rumah di dusun ini yang terkena. Ini akibat luapan dari sungai Cikamangi" kata dia.

Luapan air Sungai Cikamangi tidak hanya berdampak ke pemukiman. Puluhan hektare lahan sawah di desa tersebut juga tergenang. "Sekitar 70 hektare lahan sawah yang baru beberapa minggu ditanam juga terkena," paparnya.

Sementara Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah menjelaskan, menyikapi musibah banjir pihaknya sudah meminta anggotanya untuk bersiaga di lokasi.

"Membantu warga baik untuk evakuasi maupun lainnya. Informasi dari warga sekarang air sudah mulai surut, mudah-mudahan terus turun. Kami tetap mengimbau masyarakat untuk waspada," kata Harry.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini