nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Modus Bisnis Tanah dan Berlian, Pasutri Tipu Pengusaha Kaya hingga Rp7,8 Miliar

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 10:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 11 340 2166557 modus-bisnis-tanah-dan-berlian-pasutri-tipu-pengusaha-kaya-hingga-rp7-8-miliar-oSQ5VTmWQr.jpg Ilustrasi penangkapan pelaku tindak kriminal. (Foto: Shutterstock)

PALANGKARAYA – Pasangan suami-istri di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, berinisial Wyd (40) dan Snt (38) dijebloskan ke sel Mapolres Palangkaraya karena melakukan penipuan kepada pengusaha HR (56). Akibat aksi ini, korban merugi hingga sekira Rp7,8 miliar.

Modusnya tersangka Wyd bersama istrinya pura-pura melakukan bisnis tanah dan berlian. Awalnya korban mengenal kedua pelaku saat akan membeli rumah.

Baca juga: Pemilik WO Pandamanda Diduga Pakai Uang Korban Beli Rumah dan 3 Mobil 

"Kedua pasutri ini sebenarnya tidak memiliki bisnis jual-beli rumah dan berlian. Mereka hanya modus, dan hasil uang dari korbannya digunakan untuk keperluan pribadi," kata Kasat Reskrim Polresta Palangkaraya Kompol Todoan Agung, Selasa (11/2/2020).

Menurut pengakuan kedua tersangka, uang hasil tindak penipuan itu sudah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Ia menjelaskan, transaksi awal saat jual-beli rumah seharga Rp100 juta antara pelaku dan korban berhasil dengan menyerahkan sertifikat tanah.

Baca juga: Ngaku Dibegal, Zuhriansyah Justru Masuk Bui karena Bikin Laporan Palsu 

Dengan modal bujuk rayu, kedua pelaku kembali mendatangi korban untuk meminjam uang Rp7,8 miliar secara berulang kali. Aksi ini sudah terjadi sekira empat sampai lima tahun ke belakang.

"Kedua pelaku ini kembali mendatangi korban untuk meminjam uang dengan modal rayuan korban percaya dan akhirnya tertipu hingga miliaran rupiah," imbuh Todoan.

Korban juga diiming-imingi dengan bisnis berlian. Para pelaku menjanjikan hasil penjualan berlian akan dibagi dua.

Baca juga: Peras Warga, 2 Petugas PLN Gadungan Diringkus Polisi 

Namun setelah korban banyak mengeluarkan uang, tidak didapati keuntungan dari bisnis tersebut. Kemudian rumah yang ditawarkan ternyata juga bukan miliknya.

"Korban sempat melakukan pengecekan di lokasi rumah tersebut, namun sudah bertuliskan 'Dalam pengawasan koperasi'," paparnya.

Dari kejadian itu korban merasa ditipu dan langsung melaporkan ke Polresta Palangkaraya. Para pelaku pun berhasil diamankan di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Komplotan Penipu Ngaku Wartawan, Korbannya Diimingi Lolos CPNS 

Pasutri menipu pengusaha kaya di Palangkaraya hingga Rp7,8 miliar. (Foto: Sigit Dzakwan/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini