nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Ringkus Otak dan Pelaku Pembunuhan Ibu Mertua Sekda Lamongan

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 17:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 11 519 2166876 polisi-ringkus-otak-dan-pelaku-pembunuhan-ibu-mertua-sekda-lamongan-LmNCrtP2DK.jpg Pembunuh mertua Sekda Lamongan ditangkap (Foto: Polres Lamongan/Ist)

LAMONGAN - Setelah hampir sebulan lebih, polisi akhirnya berhasil membekuk pelaku pembunuhan kepada Hj. Rowaini, ibu mertua Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan Yuhronur Efendi.

Tak tanggung - tanggung polisi berhasil meringkus dua orang selaku otak sekaligus eksekutor yakni Sunarto (44), warga Dusun Boyo, Desa Sonoadi, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, selaku otak.

Sementara Imam Winarto (37) warga Desa Tunjung Mekar, Kecamatan Kalitengah yang berperan sebagai eksekutor.

Kapolres Lamongan AKBP Harun menyatakan terbongkarnya pelaku pembunuhan sadis kepada Hj. Rowaini diawali dengan penangkapan tersangka P yang merupakan penadah handphone di salah satu wilayah di Surabaya pada 7 Januari 2020.

Baca Juga: Polisi Temukan HP Milik Ibu Mertua Sekda Lamongan

"Dari keterangan tersangka P, bahwa handphone tersebut dijual oleh seseorang dengan perawakan sedang, rambut lusuh, dan usia sekitar 40 tahunan. Akhirnya kita kembangkan dan selidiki, mengarah kepada dua pelaku ini," ungkap Harun saat memimpin rilis di Mapolres Lamongan, Selasa (11/2/2020).

Dari pengakuan pelaku keduanya telah merencanakan pembunuhan pada November 2019, dengan rencana akan diracun. "Awalnya mau diracun korban ini sudah direncanakan sejak November 2019. Tapi tidak jadi diracun akhirnya ditusuk dengan menggunakan pisau oleh tersangka Imam," ucap Harun kembali.

Setelah mendapat permintaan dari SS, tersangka Imam pun melakukan aksi kejinya sebelum salat Jumat pada 3 Januari 2020, dengan menusuk leher kiri Hj. Rowaini sebanyak dua kali dan leher kanan sebanyak sekali.

"SS ini yang minta ke Imam. Alasannya imam ini mengetahui dan memahami situasi lingkungan korban. Tersangka sendiri ini ngontrak di utara rumah korban sudah berjalan setahun," bebernya.

Sebelumnya warga Dusun Glogok, Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, digemparkan dengan penemuan jasad Hj. Rowaini (70) yang merupakan ibu mertua Sekda Lamongan Yuhronur Efendi pada Jumat malam 3 Januari 2020.

Saat ditemukan di rumahnya korban tewas bersimpah darah dalam posisi masih mengenakan mukena. Diduga korban tewas setelah mengalami luka parah di leher hingga tembus dada, serta sejumlah luka bacokan di tangan.

Setelah dilakukan autopsi di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, jasad Hj. Rowaini sendiri telah dimakamkan pada Sabtu siang di pemakaman umum dusun setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini