nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MUI Jabar Apresiasi Keputusan Pemerintah Tak Pulangkan WNI Eks ISIS

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 19:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 525 2168078 mui-jabar-apresiasi-keputusan-pemerintah-tak-pulangkan-wni-eks-isis-5vSaPYzZgd.jpg MUI (Foto: Ist)

BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengapresiasi keputusan pemerintah tak memulangkan orang Indonesia yang sempat bergabung dengan ISIS. Mereka dianggap lebih berbahaya dari simpatisan teroris yang masih berada di Indonesia.

"MUI Jabar apresiasi terkait keputusan pemerintah," kata Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar, di Kota Bandung, Kamis (13/2/2020).

Para kombatan ISIS itu, menurut Rafani, memiliki doktrin atau pemikiran yang sangat kuat terkait terorisme. "Dari aktivis (ISIS) yang selama ini ditangkap atau ditemukan dalam negeri, kan banyak yang terpengaruh paham, mendukung, memfasilitasi, ada juga yang sudah melakukan pengeboman," ujar Rafani.

Baca Juga: Terkait WNI Eks ISIS, Ma'ruf Amin: Mereka Sudah Bukan Warga Negara Indonesia

Ilustrasi ISIS Foto: Istimewa

Rafani menilai, keinginan mereka kembali ke Indonesia dilatarbelakangi ISIS dinyatakan kalah di wilayah Suriah yang membuat mereka terlantar. Hal itu akan berbeda jika ISIS masih berjaya.

"Mereka ini kan pingin pulang karena ISIS-nya hancur, kalau tidak hancur mereka tidak akan itu mau pulang," ujar Rafani.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Pemerintah Indonesia tidak akan memulangkan para orang Indonesia Eks ISIS dari Suriah. Bahkan, status kewarganegaraan mereka sudah dinyatakan stateless.

Baca Juga: Pemerintah Antisipasi WNI Eks ISIS Menyusup ke Indonesia

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini