nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Arab Saudi Bersiap Rayakan Hari Valentine, yang Sebelumnya Dilarang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 16:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 18 2168528 warga-arab-saudi-bersiap-rayakan-hari-valentine-yang-sebelumnya-dilarang-F1gLNBL9ab.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

RIYADH - Warga Arab Saudi bersiap-siap untuk merayakan Hari Kasih Sayang, atau Hari Valentine, praktik yang selama berpuluh-puluh tahun dilarang di kerajaan itu.

Diwartakan Middle East Monitor, persiapan yang meliputi penjualan dan pembelian hadiah, bunga, dan cokelat di toko-toko dan pasar, sebelumnya tidak mungkin bisa dilakukan, setidaknya sampai beberapa tahun lalu, karena undang-undang ketat yang melarang perayaan Hari Valentine di seluruh wilayah Arab Saudi. Otoritas dan penguasa Arab Saudi menganggap perayaan itu tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam.

BACA JUGA: Ulama Saudi: Ucapkan Selamat Valentine Tidak Berlawanan dengan Syariat Islam

Polisi syariah yang dahulu memastikan larangan perayaan Hari Valentine di Arab Saudi ditegakkan saat ini sudah dibubarkan dan dicabut kewenangannya.

Sebelumnya, pemilik toko diwajibkan untuk menyembunyikan mawar merah dan cokelat pada Hari Valentine dan para pemilik restoran ditekan untuk melarang perayaan ulang tahun dan peringatan pada tanggal 14 Februari.

BACA JUGA: Untuk Pertama Kalinya, Warga Arab Saudi Rayakan Valentine Secara Terbuka

Dicabutnya larangan perayaan Hari Valentine bermula pada 2018 ketika mantan Presiden Komisi Makkah untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan (CPVPV) Syekh Ahmed Qasim Al-Ghamdi menyatakan bahwa perayaan Hari Valentine sebenarnya tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Menurutnya, perayaan cinta adalah fenomena universal dan tidak terbatas pada dunia non-Muslim.

Legalisasi perayaan publik Hari Valentine terjadi di tengah upaya reformasi dan liberalisasi nilai-nilai tradisional yang dilakukan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman dalam upaya "memodernisasi" kerajaan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini