Sedikitnya 22 Tewas, Termasuk Anak-Anak, dalam Serangan di Desa Kamerun

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 17 Februari 2020 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 17 18 2169626 sedikitnya-22-tewas-termasuk-anak-anak-dalam-serangan-di-desa-kamerun-ddNEJE7Eys.jpg Ilustrasi.

YAOUNDE – Sedikitnya 22 orang tewas dalam serangan terhadap Desa Ntumbo, di barat laut Kamerun. Media lokal melaporkan sebagian besar korban adalah anak-anak dan beberapa korban dibakar hidup-hidup.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggungjawab atas serangan yang terjadi pada Jumat, 14 Februari 2020 itu. Salah satu partai oposisi di Kamerun menyalahkan tentara atas insiden tersebut.

James Nunan, seorang pejabat dari badan koordinasi kemanusiaan PBB OCHA, mengatakan kepada BBC bahwa seorang wanita hamil termasuk di antara mereka yang terbunuh. Terdapat 14 anak-anak, termasuk sembilan anak usia di bawah lima tahun di antara korban yang tewas.

Nunan mengatakan kejadian itu telah membuat warga lokal.

"Kelompok mana pun yang melakukan ini mengancam akan ada lebih banyak kekerasan di masa depan," katanya sebagaimana dilansir BBC, Senin (17/2/2020). "Orang-orang yang kita ajak bicara sangat trauma dan tidak mengharapkan ini."

Pemerintah Kamerun, yang telah memerangi separatis di wilayah itu selama tiga tahun, belum mengomentari serangan itu.

Konflik itu berpusat di barat laut Kamerun, tempat sebagian besar penduduk berbicara bahasa Inggris karena ikatan kolonial lama dengan Inggris.

Kelompok separatis bersenjata yang berpusat di barat laut Kamerun mulai muncul pada 2017 setelah pasukan keamanan menindak keras protes. Sebagian besar penduduk di daerah itu berbicara dalam bahasa Inggris karena ikatan kolonial lama dengan negara Albion tersebut.

Separatis telah menyatakan kemerdekaan untuk negara baru yang mereka sebut Ambazonia, tetapi Presiden Kamerun Paul Biya telah menyebut kelompok itu sebagai "teroris".

Lebih dari 3.000 orang telah tewas sejak pecahnya pertempuran dan setidaknya 70.000 orang juga telah mengungsi dari rumah mereka.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini