nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WHO: Tidak Ada Indikasi Kasus Virus Korona di Korea Utara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 13:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 19 18 2170792 who-tidak-ada-indikasi-kasus-virus-korona-di-korea-utara-LAMzpDbLnG.jpg Foto: Okezone.

JENEWA – Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada indikasi bahwa ada kasus virus korona Covid-19 di Korea Utara. Komentar itu bertolak belakang dengan laporan media Korea Selatan yang menyatakan wabah itu telah menyebar ke negara yang terisolasi tersebut.

"Saat ini tidak ada sinyal, tidak ada indikasi kita berurusan dengan COVID-19 di sana," kata Kepala Program Darurat WHO Dr. Mike Ryan dalam konferensi pers di Jenewa sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (19/2/2020).

BACA JUGA: Kim Jong-un Tawarkan China Bantuan untuk Tangani Wabah Virus Korona

Dia menambahkan bahwa para pejabat WHO tidak punya alasan untuk percaya bahwa ada masalah khusus yang sedang terjadi di Korea Utara. WHO juga akan mengirimkan lebih banyak peralatan laboratorium guna memudahkan otoritas Korea Utara untuk melakukan tes diagnostik.

Sebelumnya, beberapa media Korea Selatan melaporkan beberapa kasus dan kemungkinan kematian akibat virus di Korea Utara, tetapi hingga saat ini belum ada verifikasi independen mengenai kebenaran laporan tersebut.

BACA JUGA: Korea Utara Tembak Mati Pasien Terduga Virus Korona

Surat kabar resmi pemerintah Korea Utara, Rodong Sinmun, pada Selasa, 18 Februari 2020, dengan mengutip keterangan seorang pejabat kesehatan masyarakat melaporkan bahwa sejauh ini belum ada virus korona baru di negara itu.

Berdasarkan laporan terbaru, Covid-19 telah menewaskan lebih dari 2.000 orang di China, dengan sedikitnya 74.185 kasus yang dikonfirmasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini