nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panglima TNI dan Kapolri Terima Penyerahan Lahan untuk Bangun Makogabwilhan III di Mimika

Salman Mardira, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 19 340 2170872 panglima-tni-dan-kapolri-terima-penyerahan-lahan-untuk-pembangunan-makogabwilhan-iii-di-mimika-0P7AngrXfc.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis Terima Penyerahan Lahan untuk Pembangunan Makogabwilhan III di Mimika, Papua (foto: Humas Polri)

TIMIKA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Idham Azis menerima langsung penyerahan lahan seluas 78 hektare dari masyarakat Suku Kamoro. Penyerangan lahan itu untuk pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III di SP V, Kampung Limau Asri Timur, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua.

Sertifikat tanah ulayat tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Suku Kamoro, Philipus Monaweyauw, didampingi Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko), Gergoriue Okoare beserta beberapa tokoh lainnya. Bupati Mimika, Eltinus Omaleng juga ikut menyaksikan.

Baca Juga: Harapan Panglima TNI Berdirinya Markas Kogabwilhan III di Mimika 

Usai penyerahan tanah masyarakat Kamaro kepada negara melalui TNI, acara dilanjutkan dengan ritual bakar batu di lokasi pembangunan Makogabwilhan III.

Philipus Monaweyauw berharap tanah yang dihibahkannya untuk TNI bisa dipergunakan bagi kemaslahatan masyarakat Papua dan Mimika menjadi aman dari gangguan keamanan.

Panglima TNI dan Kapolri Terima Penyerahan Lahan untuk Pembangunan Makogabwilhan III di Mimika (foto: Okezone/Salman Mardira)	 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berterima kasih kepada Philipus Monaweyauw sebagai warga sekaligus pemegang hak tanah ulayat masyarakat Kamoro. "Beliau telah memfasilitasi penyediaan lahan yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara, dalam hal ini TNI," kata Hadi, Rabu (19/2/2020).

Hadi melanjutkan, Kogabwilhan III baru saja dibentuk dan belum memiliki markas komando. Setelah penyerahan lahan tersebut, dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan Makogabwilhan III.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Mimika atas terselenggaranya atau dibangunnya Markas Komando Kogabwilhan III di Kabupaten Mimika. Dan kita mengharap, nantinya di samping sebagai markas komando untuk pertahanan dan keamanan negara, juga akan menyejahterakan khususnya masyarakat Kabupaten Mimika terutama mempengaruhi masyarakat Kabupaten Mimika untuk menjadi anggota TNI dan Polri, sehingga prosentase diterimanya pemuda dari Kabupaten Mimika akan naik," urai Hadi.

Panglima TNI dan Kapolri Terima Penyerahan Lahan untuk Pembangunan Makogabwilhan III di Mimika (foto: Humas Polri)	 

"Dan saya yakin 25 sampai 30 tahun ke depan juga banyak jenderal yang dilahirkan asli dari Mimika. Itu adalah harapan kita semua," sambungnya.

Baca Juga: Markas Kogabwilhan III di Mimika Dibangun di Atas Lahan Hibah 75 Hektare 

Menurutnya Keikutsertaan masyarakat dalam penyediaan lahan bagi TNI menunjukkan kecintaan dan rasa memiliki rakyat Mimika kepada TNI.

Hadir dalam kegiatan antara lain, Pangkogabwilhan III Letjen Ganip Warsito, Asrenum Panglima TNI Laksda Agung Prasetiawan, Asops Kapolri Irjen Herry Rudolf Nahak, Aslog Kapolri Irjen Ahmad Dhofiri.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini