nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Presiden Meksiko Diselidiki Terkait Kasus Korupsi Pejabat Perusahaan Minyak

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 12:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 20 18 2171382 mantan-presiden-meksiko-diselidiki-terkait-kasus-korupsi-pejabat-perusahaan-minyak-FEmTFN2y4Q.jpg Mantan Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY - Otoritas penegak hukum Meksiko menyelidiki mantan Presiden, Enrique Pena Nieto, sebagai bagian dari penyelidikan korupsi. Wall Street Journal melaporkan Pena Nieto dalam penyelidikan terhadap seorang mantan pejabat perusahaan minyak Meksiko, PetrĂ³leos Mexicanos, atau Pemex.

Dilaporkan Reuters, Kamis (20/2/2020), Emilio Lozoya, mantan pimpinan eksekutif Pemex, dituduh melakukan korupsi terkait kasus suap dan pencucian uang yang melibatkan perusahaan konstruksi Brasil Odebrecht SA. Lozoya, yang ditangkap di Spanyol pekan lalu, membantah dirinya bersalah.

BACA JUGA: Mantan Presiden Meksiko Disebut Terima Suap Rp1,4 Triliun dari Raja Narkoba El Chapo

Kantor jaksa agung Meksiko tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pena Nieto, yang menyelesaikan enam tahun masa jabatannya pada 2018, tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar. Dia sebelumnya membantah menerima suap dari Odebrecht.

BACA JUGA: Sepupu Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto Ditembak Mati

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan tidak ingin mengejar Pena Nieto di pengadilan, meskipun dia telah menyarankan kemungkinan mengadakan referendum tentang apakah mantan presiden itu harus menghadapi persidangan.

Penahanan Lozoya adalah keberhasilan besar bagi Lopez Obrador, seorang sayap kiri yang mendapatkan kekuasaan melalui platform anti-korupsi. Obrador telah berusaha menggambarkan para mantan pejabat pemerintahan terdahulu sebagai anggota elit korup sejak dia menjabat pada Desember 2018.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini