nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PBB Khawatir Situasi Kemanusiaan Merosot Drastis di Idlib Suriah

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 12:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 20 18 2171400 pbb-khawatir-situasi-kemanusiaan-merosot-drastis-idlib-suriah-1i8tQn6aiK.jpg Kota Idlib, Suriah. (Foto/UNHCR)

NEW YORK - Para pejabat Perserikatan bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan khawatir terhadap situasi kemanusiaan yang memburuk di Idlib, Suriah.

Ratusan ribu warga sipil Suriah telah melarikan diri dari pertempuran baru antara pasukan pemerintah dan pemberontak dalam beberapa hari terakhir.

"Kami khawatir dengan situasi kemanusiaan yang merosot drastis di barat laut Suriah dan penderitaan tragis warga sipil," kata Geir Pedersen, Utusan Khusus PBB untuk Suriah dalam penjelasan singkat kepada Dewan Keamanan.

Baca juga: Jumlah Pengungsi Idlib Suriah Tembus Rekor Baru

Pedersen mengatakan hampir 900.000 warga sipil telah mengungsi sejak 1 Desember 2019.

Kepala urusan kemanusiaan PBB, Mark Lowcock, mengimbau pihak-pihak yang bertikai untuk melindungi para pengungsi.

Pasukan pemerintah Suriah yang didukung oleh serangan udara Rusia yang gencar selama berminggu-minggu telah melakukan serangan militer yang menghancurkan untuk merebut kembali daerah-daerah pedesaan di provinsi Aleppo dan bagian-bagian provinsi tetangga Idlib di Suriah barat laut, daerah terakhir yang dikuasai oleh pemberontak di negara itu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini