nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Penipuan Catut Nama Kapolres Sampang, Polisi Minta Warga Hati-Hati

Syaiful Islam, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 14:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 22 519 2172540 viral-penipuan-catut-nama-kapolres-sampang-polisi-minta-warga-hati-hati-XqO3CH2sQJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

SURABAYA - Nama Kapolres Sampang, AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro, Madura, diduga dicatut orang tak dikenal. Isi percakapan di WhatsApp yang mencatut nama kapolres beredar di media sosial.

Paur Subbag Humas Polres Sampang, Aipda Yoyok YP menyampaikan, isi percapakan dengan modus penipuan yang mencatut nama kapolres viral di Facebook dan WhatsApp. Nomor HP yang digunakan pelaku adalah +62 812-2221-562.

Isi percakapan di WhatsApp seolah-olah menunjukkan Kapolres Sampang minta bantuan rakyat. Namun, apa yang diminta di dalam percakapan dengan seseorang itu tidak jelas.

Yoyok menyebutkan, percapakan terebut adalah modus penipuan pelaku, yang juga menampilkan foto kapolres dengan istrinya.

"Humas Polres Sampang memang memviralkan kembali untuk nomor HP tersebut di media sosial mas. Biar masyarakat tahu bahwa nomor tersebut adalah nomor pelaku penipuan yang mengaku kapolres," ucapnya, Sabtu (22/2/2020).

Foto: Istimewa

Atas dugaan tindak pidana itu, kepolisian sedang melakukan proses penyelidikan terhadap nomor yang digunakan pelaku. "Sudah dilakukan penyelidikan mas. Pelaku penipuan melakukan kegiatannya dari luar Jawa Timur," ujarnya.

Pihaknya berharap masyarakat lebih hati-hati jika ada nomor HP tidak dikenal yang kemudian meminta bantuan dengan modus mengatasnamakan Kapolres Sampang. Dia menyarankan kepada publik untuk melakukan pengecekan kebenaran nomor yang mengaku Kapolres Sampang kepada Bhabimkamtibmas atau di Polsek terdekat.

Baca juga: Seorang Anak di Malang Tusuk Seniman Jaranan hingga Tewas

"Apabila ada warga yang mendapatkan telepon atau pesan singkat dari seseorang yang mengaku Kapolres Sampang, segera mengecek kebenaran nomor tersebut kepada Kapolsek, atau Bhabinkamtibmas," imbuhnya.

Kapolres Sampang juga pernah dicatut namanya pada 2019. Modusnya adalah jual beli pada proses lelang kendaraan ronda empat.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini