nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Tumpukan Batu Tersusun di Rel Kereta Api di Lumajang

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 14:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 23 519 2172871 viral-video-tumpukan-batu-tersusun-di-rel-kereta-api-di-lumajang-fTRK2jLPDL.jpg Foto: Ist

JEMBER - Video tumpukan batu di atas rel kereta api yang berada di wilayah Daop 9 Jember viral di media sosial. Video diunggah oleh akun instagram @duniadalamkereta pada Sabtu malam kemarin.

Di video ini tampak keterangan lokasi rel berada di antara Jatiroto - Randuagung, Kabupaten Lumajang. Tampak dari video tersebut adanya bongkahan batu disusun oleh orang tak bertanggung jawab menghalangi rel kereta, saat petugas melakukan pengecekan rel.

Tak hanya itu peringatan bagi masyarakat untuk tidak mencontoh atau meletakkan sesuatu di rel kereta api, yang dapat membahayakan perjalanan kereta api.

Saat dikonfirmasi, Humas PT KAI Daop 9 Jember Mahendro Trang Bawono membenarkan kejadian tumpukan batu tersebut. Dirinya menjelaskan bahwa tumpukan batu itu berada di Desa Kalidilem, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, tepatnya di KM 150+7/8.

"Memang benar itu di Lumajang, kami temukan kemarin pukul 16.25 WIB oleh petugas penilik rel," ungkap Mahendro saat dihubungi Okezone, Minggu siang (2372/2020).

Menjumpai adanya bebatuan yang menutup rel kereta, petugas pun telah membongkar dan perjalanan kereta api kembali lancar. "Sudah dibongkar dan disingkirkan dari rel oleh petugas sore itu juga. Saat itu belum ada kereta api yang melintas," lanjutnya.

Pihaknya saat ini tengah mengusut dugaan adanya sabotase yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab. Mengingat lokasi batu di tengah rel kereta ini berada di ladang perkebunan milik warga, PT KAI Daop IX berkoordinasi dengan pihak kepolisian memastikan siapa yang sengaja menyusun bebatuan di tengah rel.

"Kami sudah laporkan ke Polsek Randuagung untuk diusut dan ditindaklanjuti. Mengingat ini membahayakan perjalanan kereta api dan bisa mengancam nyawa orang lain," tuturnya.

Ia pun meminta masyarakat, terutama yang tunggal di sepanjang rel kereta untuk tidak melakukan tindakan yang berpotensi mengganggu perjalanan kereta api.

"Kami tentu menyayangkan hal ini terjadi. Makanya kami akan mengantisipasi dengan melakukan pengecekan rutin di sepanjang rel kereta di Daop 9. Kami juga minta masyarakat tidak melakukan tindakan yang mengganggu perjalanan kereta api," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini